Stadion Utama Palaran Bakal Jadi Lokasi Upacara HUT RI ke-79

SAMARINDA – ASISTEN Bidang Pemerintahan dan Kesejahtaraan Rakyat (Asisten I) Sekretariat Provinsi (Setprov) Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Syirajuddin memimpin Rapat Persiapan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Rapat itu dilaksanakan di Ruang Tuah Himba Lt 6 Kantor Gubernur Jalan Gajah Mada Samarinda, Selasa (9/7/2024).

Dalam rapat yang salah satu meteri bahasannya adalah mengenai pelaksanaan Upacara Bendera, sempat mengemuka opsi yang menunjuk Stadion Utama Palaran sebagai salah satu opsi. Hal ini dikarenakan Stadion Kadrei Oening, yang biasanya dijadikan tempat Upacara Bendera telah dipersiapkan bagi tempat perhelatan MTQ Nasional.

“Kita masih perlu melaporkan perihal ini dulu kepada Sekda (Sekretaris Daerah). Keputusan finalnya nanti di mana. Tapi yang jelas Stadion Kadrei Oening itu tidak bisa digunakan karena untuk persiapan MTQ Nasional,” kata Syirajuddin.

Stadion Utama Palaran menjadi pilihan paling prioritas karena sebagai stadion utama Kaltim komplek gelanggang olah raga tersebut memiliki fasilitas yang mumpuni pelaksanaan Upacara HUT RI, seperti lapangan yang luas, ketersediaan tiang bendera yang sesuai standar nasional, ruang transit VIP pimpinan daerah serta mampu menampung ribuan peserta upacara.

Namun demikian, sambungnya, keputusan akhir masih menunggu arahan dari Sekda.

Dalam rapat tersebut juga diinformasikan Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) rencananya akan mengikuti Upacara HUT RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Presiden RI.

Sementara upacara yang digelar di Stadion Utama Palaran akan diikuti oleh para asisten dan kepala perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com