Belajar Pengelolaan dan Pemantauan CCTV, Diskominfo Paser Studi Tiru ke Diskominfo Samarinda

SAMARINDA – KEPALA Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah menerima kunjungan Diskominfo Kabupaten Paser di Ruang Command Centre, Jalan Kusuma Bangsa, Samarinda, Rabu (10/7/2024).

Tujuan kunjungan Diskominfo Kabupaten Paser yang dipimpin langsung oleh Arif Rahman selaku kepala dinas adalah dalam rangka studi tiru dalam memahami pengelolaan dan pemantauan CCTV. Serta sistem kerjanya, yang sentral screennya terdapat pada ruang Command Centre Diskominfo Kota Samarinda.

“Pentingnya jaringan untuk membangun koneksi antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) melalui fiber optic. Hal ini penting untuk berbagi data dan saling mendukung dalam konteks smart city, termasuk implementasi CCTV di ruang publik,” kata Aji Syarif Hidayatullah saat memberikan sambutan.

 

Sementara Kepala Diskominfo Kabupaten Paser Arif Rahman mengungkapkan harapannya agar hasil dari studi tiru ini dapat memberikan dampak positif bagi Kabupaten Paser, terutama dalam posisinya sebagai mitra Ibu Kota Nusantara (IKN).

Arif juga bertekad untuk mengadopsi konsep Command Centre seperti yang ada pada Diskominfo Kota Samarinda.

Diketahui pengelolaan dan pemanfaatan sistem teknologi CCTV oleh Pemkot Samarinda telah menggunakan super apps yaitu satu aplikasi terintegrasi untuk semua layanan, dengan menggunakan Amazon Web Services sehingga dapat memudahkan masyarakat mengakses CCTV. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com