Tingkatkan Indeks Inovasi Daerah, Brida Kaltim Gelar Rakor

SAMARINDA – BADAN Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama perangkat daerah terkait dalam rangka meningkatkan Indeks Inovasi Daerah di Kantor Brida Jalan MT Haryono Samarinda, Rabu (10/7/2024).

“Pertemuan ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat kolabirasi antara Brida Kaltim dengan semua perangkat daerah di Kaltim,” kata Kepala Brida Kaltim Fitriansyah saat membuka rapat koordinasi.

Dia melanjutkan, sinergi yang ditingkatkan diharapkan dapat mengoptimalkan pengisian data inovasi daerah untuk penilaian Indeks Inovasi Daerah Kaltim Tahun 2024.

“Mari berkomitmen untuk memastikan bahwa semua potensi inovasi daerah di Kaltim dapat terdokumentasi dengan baik,” ajaknya.

Selanjutnya Fitriansyah juga menegaskan dengan sinergitas semua fihak, untuk memberikan kontribusi secara signifikan terhadap peningkatan Indeks Inovasi di tingkat regional.

“Kita punya target, kita punya tengat waktu. Maka dari itu marilah kita bekerjasama,” tandasnya.

Diketahui, Indeks Inovasi Daerah Kaltim selama empat tahun terakhir (2020 – 2023) terus menunjukan trend peningkatan meskipun belum signifikan. Pada tahun 2020, Kaltim berada diperingkat 31 dari 34 provinsi.

Kemudian pada tahun 2021 naik menjadi peringkat 20 dengan jumlah skor 44,19. Kemudian pada tahun 2022 Kaltim tetap berada diperingkat 20 namun terdapat kenaikan skor menjadi 50,17. Dan pada tahun 2023, Kaltim menduduki peringkat 19 dari 38 provinsi dengan skor 49,23 dan berhasil meraih kategori “Inovatif”.

“Dengan kerjasama yang erat kami yakin bahwa Kaltim dapat mencapai prestasi lebih baik dalam inovasi daerah, mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan akhir Fitriansyah menegaskan sekali lagi pentingnya sinergi untuk meningkatkan citra Kaltim sebagai daerah inovatif yang berdaya saing. Dengan demikian diharapkan Kaltim dapat terus menunjukan peningkatan dalam Indeks Inovasi Daerah. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com