Tingkatkan Kesiapan Tenaga Non ASN, BKD Kaltim Laksanakan Simulasi CAT BKN

SAMARINDA – KEPALA Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Deni Sutrisno membuka Simulasi Seleksi Kompetensi menggunakan Computer Assested Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Laboratorium Station, Gedung Korpri, Jalan Bhayangkara, Samarinda, Rabu (10/7/2024).

“Hari ini kita mengadakan simulasi sebagai gambaran awal bagi non ASN (Aparatur Sipil Negara) yang nantinya akan mengikuti seleksi yang dijadwalkan kemudian,” kata Deni.

Dia menjelaskan, jumlah tenaga non ASN berdasarkan data yang divalidasi per Januari 2024 mencapai jumlah 7.880 orang, meningkat jika dibandingkan data tahun 2022 yaitu berjumlah 6.621 orang.

“Manfaatkan waktu simulasi yang hanya 45 menit ini dengan sebaik-baiknya, meskipun pada saat seleksi sesungguhnya, waktu yang diberikan adalah 120 menit,” ujarnya.

Simulasi ini, ungkap Deni, diadakan untuk memberikan pengenalan terhadap perangkat yang akan digunakan saat seleksi nantinya. Ini penting kerena spesifikasi komputer yang digunakan berbeda dari komputer biasa.

Dalam simulasi ini, tampak peserta diberikan soal-soal Tes Wawasan Kebangsaan (TKW), Intelegensi Umum (IU) dan Karakteristik Pribadi.

 

Dengan adanya simulasi ini diharapkan para non ASN dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi seleksi yang akan datang. Karena itu Deni berpesan agar peserta dapat memanfaatkan simulasi ini untuk mengukur kemampuan dan melihat kekurangan, sehingga masih ada waktu untuk belajar dan menambah wawasan sebelum seleksi yang sesungguhnya.

Perkiraan waktu seleksi nanti pada kisaran bulan Juli atau Agustus 2024, karena itu diharapakan kepada para peserta simulasi dapat selalu meningkatkan pemahaman dan penguasaannya terhadap materi yang akan diujikan.

“Kami berharap pelaksanaan seleksi yang sesungguhnya dapat dilaksanakan pada Juli atau Agustus mendatang,” pungkasnya. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com