Simulasi Sispamkota, Polda Kaltim dan Polres Samarinda Siap Amankan Pilkada 2024

SAMARINDA – PERSIAPKAN pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda menggelar simulasi Sistem Pengamanan Dalam Kota (Sispamkota).

Usai acara yang berlangsung di bekas Bandar Udara Temindung, Jalan Pipit, Samarinda, Jumat (12/07/2024) itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Samarinda Abdul Muin mengatakan, pihak kepolisian telah siap untuk mengantisipasi segala gangguan yang akan muncul saat pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

“Agenda ini sangat penting, bagaimana Polda bersama Polresta Samarinda melakukan simulasi terkait pelaksanaan Pilkada 2024 serentak. Tentu apa pun bisa terjadi dan dapat diantisipasi. Artinya keamanan dan kondusifitas Kota Samarinda akan tetap terjaga sehingga dari gambaran atau simulasi yang ditampilkan oleh Polda  tadi, memberikan semacam peringatan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas Pilkada 2024,” ujar Muin, sapaan akrabnya.

Dia mengungkapkan, segala gangguan yang muncul saat Pemilihan Umum (Pemilu) mulanya berasal dari rasa tidak puas masyarakat akan jalannya tahapan Pemilu sampai penggumuman hasil Pemilu. Sehingga pihaknya akan bekerja dengan keras untuk mengawasi segala tahapan pemilu.

“Setiap ada indikasi yang menurut masyarakat tidak diselesaikan dengan baik maka akan menjadi tanggung jawab Bawaslu. Jadi ke depan Bawaslu bisa memaksimalkan pengawasan dan memastikan semua tahapan pencoblosan betul sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Artinya semua kemungkinan yang bisa memunculkan rasa ketidakpuasan masyarakat itu harus kita antisipasi,” jelasnya.

Dia menambahkan, tahapan Pilkada 2024 di tingkat kabupaten/kota telah memasuki tahap validasi penghitungan dukungan calon jalur independen dan dilanjutkan pada bulan Agustus akan dibuka pendaftaran jalur partai politik.

“Saat ini telah memasuki  tahap rekapitulasi dukungan perseorangan tingkat kabupaten/kota dan bulan depan pendaftaran melalui jalur partai politik serta akan ditetapkan pada 02 September sebagai calon peserta melalui jalur politik,” tutup Muin. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com