Buka MTQ OPD, Bupati Edi Damansyah: ASN Pelopor GEMA

TENGGARONG  – LANTUNAN ayat suci Al Qur’an keluar dari mulut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono mengawali pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Kegiatan yang untuk pertama kalinya digelar Pemkab Kukar itu kemudian dilanjutkan dengan pemukukan rebana oleh Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkompida), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar H Nasrun, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kukar, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kukar, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kukar dan Ketua Panitia Pelaksana Dendi Irawan Fahreza.

Bupati Kukar mengapresiasi antusiasme OPD dalam mengikuti MTQ tersebut. Dia menyebutnya sebagai kegiatan monumental yang akan memberikan dampak positif, mulai dari diri pribadi hingga lingkungan.

“Ini adalah kegiatan monumental yang sarat dengan makna, serta akan memberikan dampak yang sangat positif, dan berimplikasi pula terhadap lingkungan di mana kita beraktivitas,” kata Bupati Edi Damansyah saat memberikan sambutan dalam pembukaan MTQ Antar OPD yang dilaksanakan di Halaman Utama Kantor Bupati Kukar, Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, Jumat (12/07/2024) malam.

 

Edi menekankan Kepala OPD sebagai penggerak program Gerakan Etam Mengaji (GEMA) di lingkungan dinas, badan dan organisasinya masing–masing sesuai waktu dan hari pelaksanaan berdasarkan kesepakatan bersama nantinya. Dia juga menetapkan jargon “ASN Kutai Kartanegara Pelopor Gerakan Mengaji di Kukar”.

Bupati berharap, semangat MTQ dapat terus memacu gerakan di internal Pemkab Kukar dan bisa menjadi panutan dan pedoman di tengah–tengah masyarakat.

“Baca, pahami dan terapkan kitab suci dalam kehidupan kita sehari -hari baik sebagai abdi negara di lingkungan kerjanya maupun berada di tengah–tengah masyarakat,” imbuhnya.

 

Dia menegaskan, pelaksanaan MTQ antar perangkat daerah tersebut dapat menjadi sarana untuk memotivasi diri dalam men-tadabburi Al-Qur’an, menjadikannya sebagai landasan nilai dalam bekerja, dan memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan pembangunan di Odah Etam, Kutai Kartanegara IDAMAN. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com