KFBN 2024 Berakhir, Beri Dampak Berganda

TENGGARONG  – GELARAN Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024 resmi ditutup oleh Asisten II Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Ahyani Fadianur Diani, di halaman Kantor Bupati Kukar, Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, Sabtu (13/07/2024) malam.

Dalam acara tersebut hadir perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di Kukar, pengurus paguyuban, tokoh masyarakat, pemuka agama dan tokoh pemuda.

Ahyani dalam sambutannya mewakili Bupati Kukar mengatakan, KFBN 2024 merupakan salah satu event unggulan Kukar. Di mana festival tersebut merupakan rebranding dari Festival TIFAF (Tenggarong International Folk Art Festival), yang lebih memprioritaskan penampilan seni budaya lokal dan nusantara nasional.

“Festival ini tidak hanya menjadi wadah untuk menampilkan keindahan seni dan budaya, tetapi juga sebagai sarana untuk mempromosikan keberagaman dan memperkuat persatuan,” katanya.

Dia mengungkapkan, lima hari pelaksanaan event KFBN tentunya memberikan dampak berganda (multiplayer effect) terhadap ekonomi masyarakat dan jumlah kunjungan. Hal ini katanya, merupakan bagian dari upaya pencapaian Program Dedikasi K3F (Kutai Kartanegara Kaya Festival) dan Program Kukar Kreatif Idaman.

Kedua program itu lanjut Ahyani, berjalan secara paralel dan berdampingan sebagaimana amanat misi ketiga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar. Yakni untuk memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kukar untuk pelaksanaan event KFBN, dengan telah menjadi tuan rumah yang baik untuk menyambut tamu wisatawan, baik lokal maupun nasional yang telah datang,” tambahnya.

Setelahnya, acara berlanjut dengan penyerahan piagam penghargaan untuk seluruh kontingan, baik dari dalam maupun luar daerah. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com