Pemkab Kukar Sediakan Stand UMKM Gratis di KFBN 2024

TENGGARONG – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bisa berkontribusi dalam Kukar Festival Budaya Nasional (KFBN) 2024.

Fasilitasi itu mencakup pemberian stand berjualan gratis tanpa berbayar. Stand-stand tersebut tersebar di sekitar lokasi KFBN, Stadion Rondong Demang untuk dapat digunakan selama kegiatan berlangsung.

Para pelaku UMKM yang memanfaatkan kesempatan tersebut lantas mengisi ruang stand-stand yang disediakan. Beragam jenis sektor UMKM turut memeriahkan kegiatan itu, seperti makanan dan minuman, aksesoris, mainan, maupun pakaian.

Nanda, salah satu pelaku UMKM yang bergerak di sektor aksesoris mengungkapkan, adanya stand gratis yang disediakan oleh Pemkab Kukar sangat membantu UMKM dalam mempromosikan produk andalan mereka di event-event Kukar.

“Saya berjualan aksesoris sejak tahun 2013, dan di beberapa event sudah sering difasilitasi oleh Pemkab Kukar, termasuk event ini. Stand gratis,” ujar Nanda, salah satu pelaku UMKM yang berjualan di stand gratis, bersampingan langsung dengan lokasi wahana bermain yang dihadirkan dalam acara itu, Sabtu (13/07/2024) malam.

Jenis aksesoris yang dijual oleh Nanda pada malam itu adalah gantung ponsel, bros, gelang, kalung, dan cincin dari manik-manik yang sedang tren di anak muda dengan harga jual berada di range Rp15 ribu sampai Rp25 ribu rupiah.

“Saya berterimakasih juga kepada Pemkab Kukar untuk stand yang diberikan ini. Kalau di Car Free Day (CFD), kami kan tergantung cuaca, tapi kalua di stand event besar seperti ini, kami bisa berjualan tanpa bingung tempatnya dimana dan pengunjungnya juga banyak, jadi penjualan kami bisa meningkat,” ucap Nanda.

Berkenaan dengan harapan, Nanda berharap bahwa Pemkab Kukar bisa terus mengadakan event seperti ini dan tetap menyediakan stand UMKM gratis guna mensupport pelaku usaha.

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com