Fokus Tertib Lalu Lintas, Polresta Samarinda Gelar Operasi Patuh Mahakam 2024

SAMARINDA – KEPOLISIAN Resor Kota (Polresta) Samarinda gelar apel pasukan untuk Operasi Patuh Mahakam 2024 di Lapangan Mapolresta Samarinda, Senin (15/7/2024).

Usai kegiatan tersebut, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Samarinda Kompol Creato Sonitehe Gulo menjelaskan, Operasi Patuh Mahakam 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, akan pentingnya tertib lalu lintas dan mencegah kecelakaan.

“Dengan tema Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas, operasi berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 15 Juli hingga 28 Juli 2024 mendatang,” jelasnya.

Kasatlantas Polresta Samarinda CS. Gulo menekankan bahwa operasi ini, akan memprioritaskan sembilan jenis pelanggaran utama, yang telah diidentifikasi berdasarkan analisis lalu lintas.

“Pelanggaran yang menjadi fokus dalam kegiatan tersebut, meliputi penggunaan handphone saat berkendara, pengemudi di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan sabuk pengaman dan helm SNI, berkendara di bawah pengaruh alkohol, melawan arus, dan kendaraan yang melebihi batas kecepatan,” terangnya.

Selain itu lanjut Kasat Lantas, kendaraan over dimensi dan over load (ODOL) serta pelanggaran terhadap hak utama kendaraan tertentu, juga menjadi perhatian utama. “Penindakan akan dilakukan secara bertahap, mulai dari teguran lisan, tertulis, hingga penindakan berupa tilang,” tegasnya.

 

Ia menerangkan pula bahwa sebanyak 150 personil Polresta Samarinda akan diterjunkan, untuk mengawasi dan menindak pelanggaran selama operasi berlangsung, dengan patroli di berbagai titik strategis di Kota Samarinda.

“Dan diharapkan warga Samarinda dapat lebih tertib berlalu lintas, baik selama operasi maupun seterusnya,” pungkasnya. []

Penulis: Andi Isnar | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com