Pemadaman Listrik Bergilir di Kukar, Ini Penjelasan PLN Tenggarong

TENGGARONG – BEBERAPA hari terakhir terjadi pemadaman listrik secara bergantian di wilayah Tenggarong dan sekitarnya. Hal ini terjadi dikarenakan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) tengah melakukan kegiatan pemeliharaan jaringan 20 Kilovolt (Kv).

Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tenggarong Rizka Unairirosi menjelaskan, pemeliharaan jaringan 20 Kv adalah kegiatan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan atau gangguan yang dapat terjadi pada sistem kelistrikan saluran udara tegangan menengah 20 Kv.

“Bisa berupa pemangkasan pohon, penggantian material jaringan, pemasangan pelindung dari hewan, dan sebagainya,” urai Rizka saat ditemui awak beritaborneo.com di kantornya, ULP PLN Tenggarong, Jalan KH Ahmad Muksin, Timbau, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (15/07/2024).

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk waktu pemeliharaan yang dilakukan oleh PLN menyesuaikan dari jenis pekerjaan, serta kondisi peralatan yang akan dipelihara. Namun apabila pekerjaan telah selesai, maka aliran listrik akan kembali dinormalkan.

“Untuk di bulan ini, wilayah yang dilakukan pemeliharaan secara bergantian adalah di wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang, Tenggarong, Sebulu, serta Loa Kulu,” ungkap Rizka.

 

Dia mengatakan, pelaksanaan pemeliharaan oleh PLN didasarkan dari kondisi peralatan atau material jaringan yang selanjutnya akan dijadwalkan sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku.

Pihak PLN dalam keterangannya menuturkan, setiap ada pemadaman listrik pihaknya selalu memberikan informasi kepada masyarakat melalui akun Instagram @Pln.ulptenggarong.

Pihaknya kata Rizka lagi, juga berkoordinasi dengan Bagian Protokol dan Komunikasi (Prokom) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar untuk menyebarluaskan informasi. Dan akan di upload pada akun Instagram @prokomkukar.

“Tujuan pemeliharaan ini dilakukan untuk menjaga kehandalan pasokan listrik ke masyarakat,” tutupnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com