Tingkatkan Kompetensi ASN, BKPSDM Kukar Gelar Bimtek Pengelolaan Kinerja

TENGGARONG  – BADAN Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan bimbingan teknis pengelolaan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) angkatan II tahun 2024.

Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Senin (15/07/2024) itu dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kukar H Sunggono ditandai dengan pengalungan tanda peserta.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 15 sampai 18 Juli 2024 dan diikuti para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar tersebut, menghadirkan narasumber dari Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis dan Sosial Kultural Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Sekretaris BKPSDM Kukar Rokip dalam laporannya mengatakan, kegiatan Bimtek dilaksanakan guna mendukung proses transformasi organisasi. Di mana dalam pelaksanaannya nanti diperlukan dukungan manajemen kinerja yang efektif.

Lebih lanjut Rokip mengatakan, tujuan sasaran dari kegiatan ialah agar para peserta memiliki kemampuan dalam mengelola kinerja pegawai, dengan harapan ke depannya akan terbangun kompetensi para peserta dalam mengelola kinerja ASN.

Dirinya berharap melalui bimtek tersebut para peserta mampu memahami konsep dan kebijakan pengelolaan kinerja, mensimulasikan perencanaan kinerja organisasi, serta mampu menyimulasikan dan mensimulasikan pelaksanaan, pemantauan dan pembinaan kinerja pegawai.

“Terakhir mampu mensimulasikan penilaian kinerja pegawai dan tindak lanjut hasil evaluasi kinerja pegawai untuk kemudian diterapkan ditempat kerja masing-masing, ” ujar Rokip.

 

Sementara Sekda Kukar H Sunggono dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan narasumber pada kegiatan bimtek tersebut. Menurutnya, kehadiran para peserta menunjukkan komitmen yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan publik di Kabupaten Kukar.

Sunggono mengatakan bimbingan teknis tersebut merupakan bagian dari upaya Pemkab Kukar dalam rangka meningkatkan kompetensi aparatur sipil negara di bidang pengelolaan kinerja.

“Pengelolaan kinerja juga merupakan bagian penting dalam Manajemen ASN yang bertujuan untuk mewujudkan kinerja ASN yang efektif, efisien, dan akuntabel, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik,” paparnya.

Dikemukakannya, pengelolaan kinerja pegawai tidak hanya sekedar merencanakan di awal dan mengevaluasi di akhir. Tetapi fokus pada bagaimana memenuhi ekspektasi pimpinan. Dan pentingnya intensitas dialog kinerja pimpinan dan pegawai dalam pengelolaan kinerja pegawai, kinerja individu harus mendukung keberhasilan kinerja organisasi.

Serta kinerja pegawai mencerminkan hasil kerja, bukan sekedar uraian tugas serta perilaku yang ditunjukkan dalam bekerja dan berinteraksi dengan orang lain.

“Semoga bimbingan teknis pengelolaan kinerja angkatan II tahun 2024 ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi kita semua, khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara,” pungkasnya. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com