Krayan Dilanda Banjir Bandang, Infrastruktur Jalan dan Jembatan Rusak Parah

NUNUKAN – Akibat curah hujan tinggi menguyur daratan tinggi Krayan, sejumlah akses jalan dan jembatan penghubung antar kecamatan kembali amblas. Camat Krayan Selatan, Oktavianus Ramli mengatakan, hujan deras yang mengguyur Krayan sudah terjadi beberapa pekan terakhir ini. Bahkan pada (12/07/2024) lalu, terjadi banjir bandang yang membuat sejumlah akses jalan kembali rusak.

“Ada satu jembatan penghubung ke SMAN 1 Krayan Selatan – Lokasi Tang Laan -Krayan Tengah itu rusak karena banjir bandang,” kata Oktavianus kepada wartawan, Selasa (16/07/2024). Tak hanya itu, beberapa jalan juga ikut rusak akibat tanah longsor. Titik longsor di jalan antara lokasi Long Layu – Tang Laan dan di jalan antara Lokasi Tang Laan, Krayan Selatan dengan Long Rungan, Krayan Tengah.

Oktavianus menyampaikan, akibatnya sejumlah aktivitas masyarakat ikut terhambat, lantaran akses jalan yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. “Tidak bisa dilewati kendaraan, karena tekstur tanah yang berlumpur, belum lagi bahan material kayu jembatan ikut terbawa banjir,” ungkapnya. Selain menghambat aktivitas masyarakat, jalan yang rusak tersebut juga berdampak pada pendistribusian sembako dan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diangkut dari Krayan Induk. “Kalau kondisinya terus begini, bisa-bisa Krayan Selatan terisolir lagi,” jelasnya. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com