Muara Muntai Juara Umum MTQ Antar Perangkat Daerah

TENGGARONG  – KECAMATAN Muara Muntai berhasil meraih juara umum pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Antar Perangkat Daerah yang diselenggarakan pertama kalinya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar).

MTQ yang ditutup Bupati Kukar Edi Damansyah di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong, Senin (15/07/2024) malam itu diikuti 39 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lomba yang berlangsung sejak tanggal 12 hingga 14 Juli 2024 kemarin.

Camat Muara Muntai Mulyadi yang membawa enam ASN telah memenangkan beberapa kategori lomba termasuk dirinya yang berhasil meraih juara 1 kategori Tilawah Qur’an.

“Sebenarnya saya juga tidak mengira, tidak menyangka mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kukar, terutama Pak Bupati. Jadi kami sendiri merasa belum pantas tetapi hasil penilaian kita tidak tahu ya. Tapi Alhamdulillah dengan adanya seperti ini menjadi motivasi bagi kami,” ungkap Mulyadi.

Melalui gerakan mengaji ini, Mulyadi menghendaki akan ada regenerasi yang dapat meneruskan minat membaca Quran.

“Program Pak Bupati kita, satu hafidz satu desa, yang sudah tersebar di Kukar, tinggal kita yang harus mau atau tidak mau. Saya berharap dengan adanya event seperti ini, kita semua termotivasi untuk belajar Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

 

Mulyadi memaparkan, persiapan Kecamatan Muara Muntai untuk MTQ ini hanya sekitar satu minggu. Setelah diumumkan oleh panitia, Mulyadi mengajak rekan-rekannya di kantor untuk ikut terlibat, dan setelah seleksi, mereka mengirimkan enam orang peserta.

“Sebenarnya sebelum hari H, Gerakan Etam Mengaji sudah jalan di desa kami. Kami sadar para ASN ini ke depan sebagai pelopor gerakan etam mengaji maka harus menjadi contoh,” ungkapnya lagi.

Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi seluruh perangkat daerah dan masyarakat Kukar untuk lebih giat dalam belajar dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan bermasyarakat. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com