DPK Kaltim Gelar Pemilihan Arsiparis Teladan

SAMARINDA – KEPALA Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Syafranuddin membuka gelaran Pemilihan Arsiparis Teladan di Hotel Grand Sawit Samarinda, Rabu (17/7/2024).

Pelaksanaan Pemilihan Arsiparis Teladan tingkat Provinsi Kaltim tahun 2024 selama dua hari mulai 17 Juli hingga 18 Juli 2024 itu, diikuti 15 orang peserta yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kaltim dan juga kabupaten/kota.

Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan kompetensi, dedikasi dan integritas arsiparis serta terwujudnya asiparis Kaltim yang profesional dan memiliki daya saing yang tinggi.

“Profesi arsiparis sangat penting karena mereka bertugas menyimpan dan mengelola arsip yang merupakan bukti sejarah bangsa. Tanpa arsip kita akan kehilangan data-data penting,” kata Muhammad Syafranuddin.

Dia , berharap gelaran ini dapat meningkatkan apresiasi aparatur pemerintah pengelola kearsipan, sehingga dapat memberikan motivasi untuk memantik kepedulian terhadap kearsipan di lingkungan kerjanya.

“Dalam ajang ini, penilaian peserta dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari pakar arsip dan akademisi,” paparnya.

Unsur yang dinilai, sambungnya, adalah kompetensi, dedikasi dan prestasinya dalam mengelola arsip.

Pemilihan Arsiparis Teladan Kaltim ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para arsiparis semata, tetapi juga dalam rangka membangun citra positif profesi arsiparis.

Melalui ajang ini diharapkan pengelolaan arsip di Kaltim akan semakin baik lagi, karena dengan pengelolaan arsip yang profesional akan menjadikan arsip sebagai sebuah sumber informasi yang berharga untuk masa kini dan yang akan datang.

Selanjutnya kegiatan ini harus diapresiasi oleh semua pihak yang berkecimpung di dunia kearsipan. Karena dengan pengakuan atas sebuah prestasi dapat meningkatkan dedikasi dan komitmen untuk memajukan bidang kearsipan. []

Penulis: Himawan Yokominarno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com