Satlantas Polresta Samarinda Sosialisasikan Ketertiban Berlalu Lintas di SMAN 1 Samarinda

SAMARINDA – KEPOLISIAN Resor Kota (Polresta) Samarinda melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) menggelar kegiatan Sosialisasi Ketertiban Berlalu lintas melalui program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di berbagai sekolah di Kota Samarinda.

Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, mulai dari Senin, 15 Juli 2024 hingga Kamis, 18 Juli 2024.

Setelah sebelumnya mengadakan sosialisasi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Samarinda, SMA Setia Marga, dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Samarinda, Satlantas Polresta Samarinda kemudian menyasar SMA Negeri 1 Samarinda yang berlokasi di Jalan H Anang Hasyim, Kecamatan Samarinda Ulu, Rabu (17/7/2024) kemarin.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Padli melalui Kasatlantas Polresta Samarinda CS Gulo didampingi Kanit Kamsel Satlantas Polresta Samarinda Iptu I Gusti Ketut Arya Putra menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah untuk memberikan edukasi terkait berlalu lintas dengan baik dan benar kepada kalangan pelajar di Kota Samarinda.

“Hal ini, Kami lakukan agar para pelajar bisa memahami dan mematuhi peraturan lalulintas, sehingga terhindar dari bahaya kecelakaan di jalan. Dan, sosialisasi mengenai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ini, dilakukan rutin setiap awal tahun ajaran baru,” tuturnya.

Dia menjelaskan, terjadinya kecelakaan lalu lintas paling banyak didominasi oleh anak-anak usia produktif, seperti siswa SMP dan SMA.

“Oleh karena itu, melalui sosialisasi ini kami berharap siswa yang belum berusia 17 tahun, tidak menggunakan kendaraan, agar terhindar kejadian yang tidak diinginkan bersama,” imbuhnya.

Gusti Ketut Arya Putra juga berharap, mereka yang telah mengikuti kegiatan tersebut serta telah mencukupi umur, agar dapat menjadi pelopor tertib berlalu lintas, mematuhi rambu-rambu, serta memahami aturan lalu lintas.

Selain kegiatan sosialisasi di MPLS yang ditujukan khusus untuk siswa baru, Satlantas Polresta Samarinda juga menjalankan program “Police Goes To School” yang ditujukan untuk seluruh jenjang kelas di tingkat SMP dan SMA.

“Program ini, wajib dilakukan untuk kelas 1 sampai 3, guna memberikan kesadaran berlalu lintas sejak dini,” sambungnya.

 

Di tempat yang sama, Pembina OSIS SMAN 1 Samarinda Marjuki menyambut baik kegiatan ini. Dia mengatakan, langkah pertama di MPLS di SMA Negeri 1 Samarinda adalah memberikan pemahaman mengenai ketertiban berlalu lintas kepada para siswa, sebagai bekal mereka menjadi warga sekolah dan warga negara yang baik.

“Kami setiap tahun bekerja sama dengan Polresta Samarinda terkait masalah lalu lintas. Setelah MPLS, edukasi ini akan terus dilanjutkan, misalnya melalui penyampaian pesan-pesan lalu lintas setiap upacara bendera,” katanya.

Dengan adanya program ini, dia berharap para siswa dapat memiliki kesadaran dan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya ketertiban berlalu lintas. “Sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan di kalangan pelajar khususnya di SMA Negeri 1 Samarinda,” pungkasnya. []

Penulis: Andi Isnar | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com