Serapan APBD 2024 Rendah, DPRD Kukar Tekankan Pemda Awasi OPD

PARLEMENTARIA KUKAR – PENYERAPAN Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) semester pertama tahun 2024 baru sekitar 20 persen. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid tekankan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar harus lebih gesit serta tepat guna dalam pemanfaatan anggaran tersebut.

“Ini yang mungkin harus kita perhatikan supaya teman-teman yang ada di OPD yang memiliki APBD besar, harus betul-betul bisa melaksanakan kegiatannya secara maksimal,” tegas Abdul Rasid saat Rapat Paripurna ke-14 di Gedung DPRD Kukar, Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, Rabu (17/07/2024).

Dalam rapat paripurna yang membahas Laporan Realisasi Semester Pertama APBD dan Prognosis dalam 6 bulan berikutnya Tahun Anggaran (TA) 2024 itu, Abdul Rasid menuturkan, Pemkab Kukar harus belajar dari APBD tahun 2023 sebelumnya.

Di mana Pemkab mampu menyerap anggaran sekitar 80 persen. Dalam hal ini, pemerintah harus lebih memperhatikan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) agar bekerja dengan maksimal. Terlebih waktu yang tersisa cukup sempit karena puncak dari realisasi anggaran di bulan Oktober-November.

“Harapan saya mudah-mudahan kegiatan ini bisa maksimal dan masyarakat bisa menikmati pelaksanaan-pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan di tahun ini,” pungkasnya. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com