Kukar Mendekati Nilai SAKIP Predikat Tertinggi

BALIKPAPAN – KABUPATEN Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi salah satu dari empat pemerintah daerah yang memiliki nilai mendekati predikat lebih tinggi pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat BB dan A.

Hal itu dikatakan Ketua Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Agustin saat pembukaan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) tahun 2024 di Auditorium Kantor Balaikota Balikpapan, Kamis (18/7/2024).

Evaluasi AKIP tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabaputen Kukar Sunggono dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sri Wahyuni.

Keempat daerah tersebut disebutkan Agustin adalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Pemkot Bontang, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

“Khusus Pemprov Kaltim, sudah mendekati predikat tertinggi SAKIP A. Sedangkan tiga pemerintah kabupaten dan kota mendekati predikat tertinggi SAKIP BB,” ujar Agustin.

Dia menjelaskan, untuk meraih predikat tertinggi SAKIP A (dengan nilai 80,1) atau SAKIP BB (70,1), tim evaluator tidak hanya terpaku pada nilai. Tetapi juga memperhatikan persyaratan minimum yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah. Hal tersebut tegas dia lagi, sangat penting untuk melengkapi pencapaian predikat tertinggi.

Sementara Sekda Kukar Sunggono mengapresiasi jajarannya atas pencapaian tersebut, namun dirinya akan terus berupaya untuk meningkatkan predikat yang telah diraihnya.

“Sebenarnya sudah berbagai upaya kita lakukan untuk meningkatkan penilaian tersebut, kita bisa lihat dari paparan yang disampaikan bagian organisasi tadi,” kata Sunggino saat memimpin rapat internal bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com