Kecamatan Tabang Juara Pertama Lomba Busana Miskat Pesta

TENGGARONG – MALAM ketiga pelaksanaan Festival Miskat, Tari Jepen, dan Kuliner Khas Kutai yang digelar di Halaman Stadion Rondong Demang Tenggarong, Kamis (18/7/24), panitia pelaksana menggelar eksebisi pakaian Miskat Pesta. Kegiatan dilanjutkan dengan lomba pakaian Miskat antar Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan se-Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kegiatan festival yang diikuti 19 TP PKK kecamatan dari 20 Kecamatan di Kukar itu dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Kukar Maslianawati Edi Damansyah didampingi Wakil Ketua I dan II Hj Petty Puja Amelia Rendi Solihin, Hj Yulikah Sunggono dan jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Kukar serta Ketua TP PKK Kecamatan se-Kukar.

Dalam kesempatan itu, Maslianawati mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi– tingginya kepada seluruh camat dan Ketua TP PKK se-kecamatan di Kukar yang telah berpartisipasi dan menyemarakan kegiatan tersebut.

“Sungguh luar biasa. Mereka menampilkan berbagai macam motif batik melayu Kutai khas Kukar yang sangat cantik dan tidak kalah dengan motif dari luar. Ada motif jajak temu kunci, buah jelayan, gula gaet, kembang janggut, kopiah sahung, motif gasing, buah lai dan masih banyak lagi,” paparnya.

“Kita harus bangga dengan batik melayu Kutai,” ujar Maslianawati lagi.

 

Dari hasil eksebisi dan lomba busana miskat pesta tersebut, dewan juri yang diketuai Hj Fauziah Hanum memberikan penilaian berdasarkan kategori penampilan, keserasian dan kreasi.

Kecamatan Tabang kemudian berhak terpilih sebagai juara pertama, diikuti Kecamatan Muara Muntai sebagai juara kedua dan Kecamatan Samboja di tempat ketiga. Sedang terbaik keempat diraih Kecamatan Muara Jawa, terbaik lima Kecamatan Sangasanga dan terbaik enam diraih Kecamatan Muara Badak.

Pihak panitia juga memberikan penilaian Best Catwalk dari Kota Bangun Darat, The Best Custom Tenggarong, The Best Performance Muara Wis, dan Busana Miskat Favorit diraih Kecamatan Marang Kayu. Sedangkan untuk pembagian hadiah akan dilaksanakan pada malam penutupan tanggal 20 Juli 2024 mendatang. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com