Ketegangan Meningkat, Korut Luncurkan Balon Sampah ke Selatan untuk Kedelapan Kalinya

KOREA SELATAN – Militer Korea Selatan (Korsel) pada Kamis (18/07/2024) mengatakan bahwa Korea Utara (Korut) kembali meluncurkan banyak balon sampah ke arah selatan. Menurut Kepala Staf Gabungan Seoul, saat ini balon dari Korea Utara tersebut melayang melintasi perbatasan.

“Warga diimbau berhati-hati terhadap puing-puing yang berjatuhan. Jika Anda menemukan balon yang jatuh, jangan menyentuhnya dan laporkan ke unit militer atau kantor polisi terdekat,” terangnya, dikutip dari AFP. Pemerintah Kota Seoul mengeluarkan peringatan kepada warga pada Kamis, dengan mengatakan “sebuah balon yang diduga dari Korea Utara dipastikan telah memasuki wilayah udara Provinsi Gyeonggi Utara. Warga harus berhati-hati terhadap aktivitas di luar”.

Ini adalah balon pengangkut sampah yang kedelapan yang diluncurkan Pyongyang sejak akhir Mei. Diketahui, Korea Utara yang mempunyai senjata nuklir telah mengirimkan lebih dari seribu balon ke selatan. Hal itu dilakukan sebagai pembalasan terhadap balon yang membawa propaganda anti-rezim yang diterbangkan ke utara oleh para aktivis di selatan perbatasan.

Menanggapi balon sampah tersebut, Seoul telah sepenuhnya menangguhkan perjanjian militer yang mengurangi ketegangan dan memulai kembali beberapa siaran propaganda dari pengeras suara di sepanjang perbatasan. Selain itu, mereka juga melakukan latihan penembakan di beberapa daerah perbatasan.

Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan pekan lalu bahwa lebih banyak “selebaran kotor” dari “sampah” Korea Selatan telah ditemukan di wilayah Korea Utara di sepanjang perbatasan. Untuk itu, pihaknya memperingatkan bahwa mereka akan membayar “harga yang sangat mahal”.

Kim Yo Jong yang juga juru bicara pemerintah Korea Utara mengatakan bahwa personel militer Korea Utara sekarang melakukan pencarian habis-habisan. Pihaknya juga melemparkan api dan membuang sampah yang ditemukan dari selatan, menurut pernyataan dari Kantor Berita Pusat Korea. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com