Pupuk Kaltim Salurkan 500 Paket Makanan untuk Warga Terdampak Banjir di Guntung

BONTANG – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui program PKT Proaktif, salurkan bantuan 500 paket makanan bagi ratusan warga terdampak banjir di Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara. Bantuan diserahkan perwakilan manajemen Perusahaan kepada masyarakat, melalui Kantor Kelurahan Guntung, Jumat (19/07/2024) siang.

VP TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi, mengungkapkan bantuan ini merupakan wujud kepedulian Pupuk Kaltim bagi masyarakat, khususnya di wilayah terdekat perusahaan tersebut. Dimana banjir yang menggenang membuat aktivitas warga terhambat, sehingga kebutuhan makanan menjadi hal pokok yang harus dipenuhi.

Melalui program PKT Proaktif, diharap dapat meringankan beban warga terdampak banjir, sekaligus wujud sinergi antara perusahaan dengan Pemerintah untuk saling membahu membantu warga yang tertimpa musibah.

“Hal ini sebagai bentuk respon cepat perusahaan membantu masyarakat, utamanya pemenuhan kebutuhan pokok harian karena air yang belum surut di pemukiman. Terlebih PKT Proaktif memang sengaja digagas untuk merespon kondisi seperti ini,” tutur Sugeng.

Menurut dia, Pupuk Kaltim akan terus memantau perkembangan kondisi pemukiman masyarakat di Kelurahan Guntung. Apalagi saat ini ada ratusan warga terdampak akibat banjir, sehingga Perusahaan pun menaruh perhatian akan hal tersebut. Pupuk Kaltim juga berkomitmen untuk memberikan dukungan tambahan jika diperlukan melalui manfaat TJSL Perusahaan.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak kelurahan, agar perkembangan kondisi di lapangan bisa terus terpantau. Jika memang ada kebutuhan lanjutan, Pupuk Kaltim akan kembali turun memberikan dukungan,” tambah Sugeng.

Mewakili masyarakat, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Guntung Hasmawi, menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan Pupuk Kaltim bagi warga terdampak banjir di wilayahnya. Dikatakannya, bantuan akan disalurkan langsung kepada tiap rumah dan warga yang terendam banjir, sehingga kebutuhan makanan yang sejatinya wajib dipenuhi bisa terakomodasi dengan baik.

“Kami akan langsung teruskan ke masyarakat, karena makanan merupakan prioritas yang memang harus dipenuhi akibat kondisi aktivitas warga yang terdampak,” ucap Hasmawi. Dirinya pun berharap Pupuk Kaltim dapat terus hadir bagi masyarakat, terlebih dengan kondisi yaang saat ini terjadi, dukungan seluruh pihak sangat dibutuhkan. Bahkan saat ini Kelurahan Guntung juga telah membuka posko untuk menampung bantuan dari seluruh pihak, untuk kebutuhan makanan bagi warga yang terdampak.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang terus peduli dan berkontribusi bagi warga Guntung,” tambah Hasmawi. Lurah Guntung Denny Febrian, menambahkan saat ini ada sekitar 791 warga dari 256 Kepala Keluarga terdampak banjir yang tersebar di 11 RT Kelurahan Guntung. Banjir paling parah terdapat di RT 4, 11 dan 12 dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa. Namun begitu warga tidak ada yang mengungsi karena kondisi yang mulai terkendali.

Terlebih dengan bantuan makanan dari Perusahaan melalui posko Kelurahan, sangat membantu pihaknya untuk memenuhi kebutuhan pokok bagi warga yang terendam banjir. Seluruh bantuan dipastikan tersalurkan kepada masyarakat, mengingat makanan wajib terpenuhi akibat terbatasnya aktivitas warga karena banjir yang masih menggenang. “Kami sudah menghimpun bantuan dari Perusahaan bagi warga yang terdampak, untuk selanjutnya kami distribusikan ke seluruh RT terdampak,” ucap Denny. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com