Peringati HBA dan HUT IAD, Kejati Kaltim Kenang Jasa Pahlawan dengan Ziarah dan Tabur Bunga

SAMARINDA – JAJARAN Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa, Jalan Kesuma Bangsa, Kelurahan Dadi Mulya, Kecamatan Samarinda Ulu, Minggu (21/7/2024).

Upacara tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 dan Hari Ulang Tahun ke-24 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD).

Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) Bidang Intelijen Kejati Kaltim Toni Yuswanto dalam siaran pers-nya menerangkan, kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kaltim Iman Wijaya dan dihadiri Ketua IAD Wilayah Kaltim Ny Nia Iman Wijaya.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Wakajati Kaltim Victor Antonius Saragih Sidabutar, para Asisten, Kabag TU, para koordinator, seluruh pegawai dari Kejati Kaltim, anggota IAD, serta Kepala Kejaksaan Negeri Samarinda beserta seluruh pegawai.

 

“Kegiatan ziarah dan tabur bunga ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan, yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Kejati Kaltim Iman Wijaya menyatakan, kegiatan tersebut merupakan momen penting untuk mengenang jasa para pahlawan, menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, dan berkomitmen, untuk mengisi kemerdekaan melalui kinerja optimal, dalam penegakan hukum yang humanis dan proporsional.

“Kegiatan ini, bukan hanya seremonial semata, tetapi merupakan pengingat bagi Kami, untuk selalu mengingat jasa para pahlawan dan melanjutkan perjuangan mereka, melalui penegakan hukum yang adil dan berkeadilan,” katanya.

Usai upacara, seluruh peserta juga melakukan tabur bunga di makam pahlawan sebagai simbol penghormatan dan penghargaan. Melalui kegiatan ini, Kejati Kaltim berharap dapat terus menjaga semangat para pahlawan, dalam setiap langkah penegakan hukum yang dilakukan.

“Kami berkomitmen, untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, dengan memberikan pelayanan hukum yang terbaik kepada masyarakat dan menegakkan keadilan, dengan tetap memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan,” tambah Iman Wijaya.

 

Kegiatan tersebut diakhiri dengan doa bersama untuk para pahlawan yang telah gugur, dengan harapan agar mereka mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Upacara ziarah dan tabur bunga itu juga menjadi pengingat bagi seluruh insan Adhyaksa akan pentingnya menjaga integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai penegak hukum. []

Penulis: Andi Isnar | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com