Terbuka untuk Umum, Seleksi Tari Massal Erau 2024

TENGGARONG – ERAU akan kembali digelar pada bulan September mendatang. Guna memeriahkan pelaksanaan acara tersebut, panitia pelaksana merekrut banyak orang untuk tampil pada tarian massal saat pembukaan Erau 2024 nanti.

Ada ribuan orang yang mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari penari massal di acara Erau mendatang. Tidak ada batasan usia bagi para pendaftar, kriteria utamanya adalah pendaftar memiliki jiwa seni. Seleksi diadakan di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Minggu (21/07/2024).

Yayasan Terminal Olah Seni (TOS) yang membuka pendaftaran memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk ikut seleksi secara terbuka. TOS juga yang akan mengantarkan pembukaan Erau menjadi sangat memukau.

“Nantinya untuk jumlah penari kurang lebih sama seperti tahun lalu, karena tahun ini konsepnya 50 persen penari dan 50 persen teater,” ungkap Stage Manager TOS Radhika Darmawan.

Seleksi tahun ini mengutamakan netralitas dengan mengadakan seleksi terbuka yang akan dilihat oleh koreografer. Pada sesi pertama terbuka untuk siswa SD dan SMP, tahap kedua untuk SMA dan Umum.

“Pelatih melihat dari gestur menari, mimik wajah hingga kelincahan. Ketika sudah selesai, yang lolos akan diberikan stempel dan dimasukan datanya untuk menjadi penari Erau 2024,” jelasnya

Peserta yang lolos nantinya akan mengikuti latihan selama 40 hari. Sedangkan konsepnya sendiri telah dipersiapkan sejak bulan Juni lalu. “Konsep lanjutan dari tahun sebelumnya, yaitu “Kukar Menyapa” dengan tujuan menunjukkan marwah Erau sebagai salah satu tradisi di tanah Kutai yang patut dilestarikan,” kata Radhika Darmawan. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com