Gelar Upacara HBA ke-64, Jaksa Agung: Netralitas Adhyaksa Harga Mati!

SAMARINDA – KEJAKSAAN Tinggi (Kejati) Provinsi Kalimantan Timur (Kejati Kaltim) menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64, di halaman Kantor Kejati Kaltim, Jalan Bung Tomo, Kecamatan Samarinda Seberang, Senin (22/7/2024).

Upacara yang mengusung tema “Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas” itu dipimpin langsung Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kaltim Iman Wijaya.

Kegiatan itu juga diikuti sejumlah pejabat teras Kejati Kaltim, seperti Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Kaltim Ny Nia Iman Wijaya, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Kaltim Victor Antonius Saragih Sidabutar, para asisten, Kabag TU, para koordinator, seluruh pegawai Kejati Kaltim, anggota IAD, serta Kepala Kejaksaan Negeri Samarinda Firmansyah Subhan, beserta jajarannya.

Dalam amanatnya, Kajati Kaltim Imam Wijaya membacakan pesan dari Jaksa Agung RI ST Burhanuddin yang menekankan tujuh perintah harian sebagai pedoman bagi seluruh jajaran Kejaksaan.

Jaksa Agung kata Imam Wijaya, mengapresiasi kinerja kejaksaan selama lima tahun terakhir, yang berhasil menjadi lembaga penegak hukum paling dipercaya oleh publik, berkat kerja keras dan cerdas seluruh Insan Adhyaksa.

“Prestasi ini, tidak lepas dari perjuangan dan tantangan yang dihadapi,” ungkap Jaksa Agung dalam amanat yang dibacakan oleh Iman Wijaya.

Dia menegaskan, keberhasilan kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang diandalkan oleh masyarakat, adalah hasil kerja keras seluruh jajarannya.

 

Selain itu, Jaksa Agung juga mengingatkan pentingnya menjaga netralitas kepada jajarannya. Terutama menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan berlangsung pada 27 November mendatang.

Ia menekankan bahwa seluruh jajaran Kejaksaan, harus tetap netral dan profesional dalam setiap pelaksanaan tugas. “Netralitas Adhyaksa harga mati!” tegasnya.

Acara ini, menjadi momentum penting untuk mengukuhkan komitmen Kejaksaan dalam menjalankan tugas dan fungsinya dengan penuh integritas. Pesan ini juga, menjadi pengingat bagi seluruh jajaran Kejati Kaltim, untuk terus menjaga netralitas dan profesionalisme, terutama menjelang Pilkada Serentak.

Upacara ini tidak hanya menjadi sarana peringatan, tetapi juga pengingat bagi seluruh pegawai Kejaksaan, akan pentingnya menjalankan tugas dengan jujur, adil, dan netral, demi mewujudkan penegakan hukum yang modern dan terpercaya di Indonesia. []

Penulis: Andi Isnar | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com