Silaturahmi dengan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Pangdam Mulawarman Bahas Ketahanan Pangan

TENGGARONG – KETAHANAN pangan menjadi misi yang dibawa Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo saat melaksanakan silaturahmi ke kediaman Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin di Jalan KH. Ahmad Mukhsin, Kelurahan Tambah, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (22/07/24).

Berdasarkan rilis Humas Kodim 0906/Kkr, Kapendam Kolonel Kav Kristiyanto menjelaskan, selain membahas ketahanan pangan, silaturahmi yang dilakukan Pangdam VI/Mulawarman juga membahas kesiapan pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mendatang, serta masalah pertahanan negara.

Kepada Sultan Aji Muhammad Arifin, ungkap Kapendam Kolonel Kav Kristiyanto, Pangdam Tri Budi Utomo menjelaskan, kegiatan ketahanan pangan di wilayah Kodam VI/Mlw baik di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Kalimantan Selatan (Kalsel), maupun Kalimantan Timur (Kaltim) di mana terdapat IKN di dalamnya, sejalan dengan kebijakan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Di mana, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) saat ini tengah menggalakan program ketahanan pangan, melalui kegiatan Operasi Lahan (Oplah), pengadaan pompa air tenaga surya (PATS), pompanisasi dan pipanisasi lahan pertanian.

“Khusus untuk wilayah Kabupaten Kukar, Pemkab Kukar telah bekerja sama dengan Kodim 0906/Kkr dalam mengerjakan pembuatan pompa air tenaga surya (PATS) untuk pertanian melalui TNI Manunggal Air Bersih (TMAB) Pertanian,” katanya.

Pangdam VI/Mlw Tri Budi Utomo juga berharap, program ketahanan pangan tersebut dapat menjadi lumbung pangan bagi IKN nantinya. “Berbagai pembangunan di bidang pertanian telah dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan produksi sayur-sayuran, maupun buah lokal untuk menyangga kebutuhan pangan di IKN nanti,” ucap Kapendam.

Dalam kesempatan akhir, mewakili Sultan Kutai Kartanegara, Pangeran Aji Amijoyo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam VI/Mlw yang telah meluangkan waktunya untuk bersilaturahmi. Dengan harapan kegiatan tersebut dapat memperkuat sinergitas antara para pihak.

“Suatu kehormatan bagi masyarakat Kukar atas kunjungan Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo ini,” tutupnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com