Hadiri Pelatihan Coaching dan Mentoring, Ini Kata Kepala BKD Kaltim

SAMARINDA – PUSAT Pelatihan dan Pengembangan (Puslatbang) Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (KDOD) Lembaga Administrai Negara (LAN) menggelar Pelatihan Coaching dan Mentoring di Ruang Mini Theatre Puslatbang KDOD LAN Jalan HM Ardans Samarinda, Selasa (23/7/2024).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provensi Kalimantan Timur (Kaltim) Deni Sutrisno saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan tersebut mengungkapkan, perkembangan kompetensi seharusnya diiringi pula dengan munculnya peraturan daerah yang menyesuaikan dengan regulasi di atasnya. Demikian disampaikan

Dia mencontohkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 57 Tahun 2019 yang hanya mengatur tugas belajar (tubel) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja dan belum ada untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Jadi banyak sekali PR kami untuk segera menyesuaikan sembari menunggu peraturan pelaksanaannya,” ujarnya.

Dia juga menilai, pelatihan coaching dan mentoring tersebut sangat penting dalam rangka membantu pegawai memahami dan mengatasi sebuah permasalahan. Serta upaya membantu individu pegawai dalam rangka belajar meningkatkan kemampuan diri dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya.

“Potensi yang lebih optimal diharapkan dapat dicapai oleh para pegawai melalui proses coaching dan mentoring ini,” harapnya.

Dengan pelatihan itu sambung Deni, berbagai permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan cara-cara yang baru dan inovatif.

Selanjutnya Deni memberikan apresiasi kepada Puslatbang KDOD LAN yang telah mengadakan pelatihan ini, karena dapat menjadi salah satu yang mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan oleh pegawai yang ada di Kaltim.

Diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari Pemprov Kaltim, Pemprov Kalimantan Barat (Kalbar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, Pemkab Sambas, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar), Pemkab Nunukan dan Pemerintah Kota Balikpapan, pelatihan ini dibuka oleh Kepala Puslatbang KDOD LAN Muhammad Aswad. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com