Ini 8 Program Pelatihan Kerja Disnakertrans Kukar

TENGGARONG – DINAS Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki delapan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja di Kukar.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Kerja, Disnakertrans Kukar Lukman mengatakan, delapan program tersebut diantaranya adalah pelatihan gada pratama, mekanik alat berat, operator alat berat, konten kreator, desain grafis, dan welder.

Dia menjelaskan, dalam program pelatihan kerja tersebut, pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait program pelatihan kerja dari bulan Januari sampai dengan April. Dan diakhir April, Disnakertrans mulai mulai membuka pendaftaran pelatihan kerja melalui aplikasi.

“Sampai dengan saat ini, kami sudah lakukan pelatihan kerja tahap pertama. Yaitu pelatihan gada pratama. Saat ini, sudah selesai tahap satunya, dan tinggal menunggu sertifat pelatihannya,” ucapnya saat ditemui beritaborneo.com di Kantor Disnakertrans Kukar, Jalan A.P.T Pranoto, Sukarame, Tenggarong, Rabu (24/07/24).

“Dalam program pelatihan kerja ini kami akan pantau, mulai dari pendaftaran, pelatihan, pemberian sertifikat, sampai dengan penempatan kerjanya,” sambung Lukman.

Dia berharap, dengan adanya program pelatihan kerja tersebut dapat membantu para pencari kerja (pencaker) untuk dapat memiliki skill dan keterampilan agar lebih memudahkan dalam mendapatkan pekerjaan, serta mampu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Kukar. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com