Kalapas Tenggarong Apresiasi Skrining Kesehatan untuk WBP

TENGGARONG – LEMBAGA Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tenggarong menggelar skrining kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM), Tuberkolosis (TB) dan HIV/AIDS. Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79 Tahun 2024 itu dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 27 Juli 2024.

Saat membuka secara resmi kegiatan skrining kesehatan di Aula Utama Lapas Tenggarong, Jalan Mangkuraja, Loa Ipuh, Tenggarong, Rabu (24/07/2024), Kepala Lapas Kelas II A Tenggarong Agus Dwirijanto memberikan apresiasi atas terlaksananya acara itu.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) atas kerjasamanya dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga binaan untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan secara rutin,” ujar Agus.

 

Sementara Kepala Tata Usaha (TU) Puskesmas Loa Ipuh Joydeti yang mewakili Kepala Puskesmas Loa Ipuh menuturkan, skrining kesehatan tersebut merupakan langkah penting untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular (PTM), dan HIV/AIDS pada warga binaan lapas.

“Deteksi dini dapat membantu mencegah komplikasi dan meningkatkan kualitas hidup warga binaan,” katanya.

Acara skrining kesehatan dan HIV/AIDS ini merupakan salah satu bentuk komitmen Lapas Kelas II A Tenggarong dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi warga binaan. Dengan deteksi dini dan edukasi yang tepat diharapkan dapat membantu mencegah penyebaran penyakit PTM, TB, dan HIV/AIDS di Lapas Kelas II A Tenggarong. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com