Kiat Disnakertrans Kukar Sikapi Tingginya Pencaker

TENGGARONG – TAK dipungkiri, tingkat pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi. Termasuk di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Salah satu penyebabnya adalah, kurang memadainya keterampilan yang dimiliki para pencari kerja (pencaker) dengan kebutuhan akan tenaga kerja yang trampil.

Kondisi tersebut merupakan salah satu masalah yang menjadi fokus dan perhatian bersama. Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kukar memiliki kiat atau cara untuk menyikapinya.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Kerja Disnakertrans Kukar Lukman menuturkan, pihaknya memiliki delapan program pelatihan kerja yang sedang dilakukan dan tengah berjalan saat ini. Diantaranya adalah pelatihan gada pratama, pelatihan mekanik alat berat, dan pelatihan operator alat berat.

Saat ditemui beritaborneo.com di Kantor Disnakertrans Kukar, Jalan A.P.T Pranoto, Sukarame, Tenggarong, Rabu (24/07/24), Lukman menjelaskan, pelatihan tersebut dilaksanakan agar para pencaker memiliki keterampilan. Tujuannya adalah untuk memudahkan pencaker mendapatkan pekerjaan, karena sudah dibekali skill yang cukup.

“Selain itu, kami dari Disnakertrans juga mengadakan kegiatan seperti job fair yang baru-baru ini dilakukan. Dengan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, kami berupaya untuk mempertemukan para pencaker dengan perusahaan yang mencari pekerja,” beber Lukman.

Dia menjelaskan, Disnakertrans Kukar bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, juga pihak-pihak terkait berupaya agar kegiatan job fair serta pelatihan tersebut mendapatkan hasil yang baik dan maksimal.

“Kami berharap, dengan pembekalan yang dilakukan melalui program pelatihan kerja ini, mulai dari tahap pendaftaran, program pelatihan, sampai dengan mendapatkan atau menerima sertifikat, dapat menjadi modal yang penting dan berharga bagi para pencaker. Alhamdulillah, program pelatihan ini sudah dapat berjalan dengan baik dan lancar lebih kurang sekitar 70 persen,” tutupnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com