Masuk Nominasi 3 Besar Lomba RT Teladan Tingkat Provinsi, Ini Harapan Supedi

TENGGARONG – MOMEN lomba Rukun Tetangga (RT) tahun ini menjadi sanggat istimewa bagi Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Sebab salah satu RT yang ada di Kelurahan Maluhu, Tenggarong, berhasil mewakili Kabupaten Kukar dalam Lomba RT Teladan 2024 di tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Adalah RT 04 Kelurahan Maluhu yang berhasil masuk nominasi tiga besar kategori RT Teladan. Nominasi tersebut membawa tim penilai lomba tingkat provinsi mengunjungi RT tersebut dengan berlokasi di Bank Sampah Al-Hidayah, Maluhu, Rabu (24/07/2024) pagi.

Ketua RT 04 Maluhu Supadi menyebut, adanya tim penilai yang hadir langsung untuk melakukan pengecekan dan verifikasi lapangan menjadi sebuah motivasi bagi dirinya serta warga di wilayah RT-nya untuk terus melakukan pengembangan dan pembenahan yang lebih baik.

“Adanya tim penilai ini membuat kami para warga semakin solid dalam bergotong royong mempersiapkan semua persyaratan kelengkapan lomba ini. Tidak kalah penting juga kami menggerakkan warga untuk bermusyawarah dan saling melengkapi mana yang kurang kemudian mencari informasi berkenaan dengan persiapan yang diperlukan,” jelas Supadi.

Dia menjelaskan, keterwakilan RT yang dipimpinnya pada tahun ini di lomba RT Teladan adalah sebuah pencapaian yang tidak terlepas dari budaya gotong royong yang selalu ditumbuhkembangkan.

Dalam rangka menyukseskan verifikasi perlombaan RT ini, Supadi mengungkap tidak ada tim khusus yang dibentuk untuk melakukan persiapan, namun semuanya saling berdiskusi untuk membentuk kinerja yang baik untuk diimplementasikan.

“Awalnya memang kami berdiskusi terlebih dahulu dengan ketua bank sampah, karang taruna, anggota Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Maluhu, dan Kelompok Wanita Tani (KWT). Setelah sepakat, selanjutnya kami bermusyawarah dengan warga kemudian mengeksekusi dukungan kegiatan ini, terutama tenaga mereka,” terangnya.

Untuk diketahui, sebelum sampai pada tingkat provinsi ini, RT 04 Maluhu telah menjuarai beberapa perlombaan RT. Pada tahun 2023 lalu, RT ini berhasil menjadi juara dalam perlombaan RT Teladan tingkat kabupaten.

Supadi menjelaskan, lomba RT tingkat kabupaten sangatlah berbeda dengan scope penilaian di tingkat provinsi. Lebih banyak aspek yang diperhatikan, sehingga menuntut warga RT 04 Maluhu untuk lebih optimal lagi di tahun ini.

“Kalau tingkat kabupaten dulu kami hanya mempunyai tiga inovasi saja di beberapa bidang penilaian, seperti pojok baca, Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), dan mushola. Namun pada tingkat provinsi membuat kami harus menciptakan inovasi lagi di berbagai bidang dan penilaiannya lebih teliti,” ungkapnya.

Tim penilai perlombaan RT tingkat provinsi yang langsung hadir pada verifikasi lapangan juga mengadakan beberapa sesi tanya jawab yang diberikan kepada pihak bank sampah, warga, Ketua RT, Lurah Maluhu, Camat Tenggarong, Ketua Dasawisma, komponen Siskamling, serta para kelompok KKN Unmul yang juga hadir di sana guna melakukan penilaian.

Keikutsertaan RT 04 Maluhu dalam perlombaan ini, membuat Supadi sadar bahwa peran Ketua RT sangatlah penting untuk membangun minat dan rasa saling mendukung di tengah warganya. Ia berharap, seluruh kerja keras yang dipersiapkan oleh warganya bisa membuahkan hasil di tingkat provinsi ini sebagai RT Teladan.

“Tentu, kami berharap RT kami bisa menjadi pemenang. Namun kami tetap menyerahkan segala penilaiannya kepada tim penilai. Kami berusaha sebaik mungkin dan kami pun sudah sangat bersyukur dengan pencapaian kami sejauh ini untuk masuk ke nominasi tiga besar RT Teladan tingkat provinsi,” tutupnya. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com