Balon Sampah Korut Jatuh di Kompleks Kepresidenan Korsel, Tim Kimia Dikerahkan

KOREA SELATAN – Balon-balon isi sampah yang dikirim Korea Utara, jatuh dan menghantam kompleks kepresidenan Korea Selatan pada Rabu (24/07/2024). Dilansir dari Media, pejabat keamanan Korsel langsung mengerahkan tim respons kimia untuk mengevakuasi dan memeriksa potensi bahaya dari balon isi sampah tersebut.

“Tim respons kimia, biologi dan radiologi telah mengumpulkan balon-balon sampah dengan aman,” kata pernyataan dinas keamanan presiden Korsel. “Setelah penyelidikan, hasilnya dikonfirmasi bahwa tidak ada bahaya atau kontaminasi pada objek tersebut,” lanjut pernyataan itu.

Kepala Staf Gabungan Korsel sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa Korut kembali mengirim balon pembawa sampah. Seoul juga sudah mengeluarkan peringatan ini sejak awal pekan. “Jika Anda menemukan balon yang jatuh, jangan sentuh, dan laporkan ke unit militer atau kantor polisi terdekat,” demikian bunyi imbauan itu.

Ini adalah kali kesepuluh Korut mengirim balon isi sampah melintasi perbatasan. Pyongyang mengklaim balon itu adalah balasan atas propaganda anti-rezim Kim Jong Un, yang kerap diluncurkan aktivis di Korsel. Korsel juga tak tinggal diam. Akhir pekan lalu, militer Korsel melanjutkan siaran propaganda skala penuh menggunakan pengeras suara di sepanjang perbatasan yang ditujukan ke Korut.

Militer Korsel bahkan disebut memutar lagu-lagu K-Pop, termasuk lagu dari boyband BTS lewat pengeras suara. Siaran propaganda tersebut berisi berita, pesan yang mendesak tentara Korut di dekat perbatasan untuk melarikan diri atau membelot ke Korsel, hingga lagu-lagu K-pop, termasuk single hit BTS seperti ‘Dynamite’ dan ‘Butter’. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com