Kolaborasi Polres PPU dan Dinas Pertanian, Perkuat Sinergitas Ketahanan Pangan

PENAJAM – KEPOLISIAN Resor (Polres) Penajam Paser Utara (PPU) bekerja sama dengan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten PPU mengadakan kegiatan penyerahan bantuan ketahanan pangan di lahan Kelompok Tani (Poktan) RT.03, Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam, Kamis, (25/07/2024).

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi yang bertujuan untuk memperkuat sinergitas antara pihak kepolisian dan sektor pertanian dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten PPU, khususnya Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait, termasuk Waka Polres PPU Kompol Bambang Hardiyanto, Kasat Binmas Polres PPU AKP Bambang Purnomo, dan Plh. Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Distan Kabupaten PPU Kamarullah. Selain itu juga tampak hadir Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Penajam dan Ketua Kelompok Tani Mega Jaya, bersama anggota termasuk personil Satbinmas Polres PPU.

Dalam sambutannya, Waka Polres PPU Kompol Bambang Hardiyanto yang hadir mewakili Kapolres PPU menekankan pentingnya kolaborasi antara Polri dan Dinas Pertanian dalam upaya menjaga ketahanan pangan di Kabupaten PPU.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Polri dan Kementerian Pertanian RI, yang bertujuan mendukung program pembangunan pertanian melalui pendampingan keamanan,” ungkap Bambang.

Dia menambahkan, Polres PPU juga mengarahkan Bhabinkamtibmas untuk membantu pendampingan dalam semua kegiatan Dinas Pertanian terkait pengolahan lahan pertanian di wilayah Kabupaten PPU.

“Ini menunjukkan komitmen kepolisian (Polres PPU) dalam mendukung sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

 

Disela-sela penyerahan bantuan tersebut juga dilakukan penanaman secara simbolis bibit cabai oleh Waka Polres dan perwakilan Dinas Pertanian sebagai tanda dimulainya program tersebut. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan berjalan lancar tanpa hambatan.

“Kegiatan ini memperlihatkan komitmen Polres PPU dan Dinas Pertanian dalam mendukung keberlanjutan sektor pertanian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program ketahanan pangan,” tutupnya. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com