Rencana Pemekaran Kutai Raya: Tiga Kabupaten Calon Daerah Otonom Baru Bersiap Menjadi Bagian dari Provinsi Baru

KALIMANTAN TIMUR – Rencana pemekaran wilayah di Indonesia terus bergulir, dan salah satu daerah yang sedang menjadi sorotan adalah Kutai Raya. Dikabarkan bahwa Kutai Raya akan mekar menjadi provinsi baru, terlepas dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Rencana ini juga mendapat dukungan dari enam kabupaten yang akan menjadi bagian dari provinsi baru tersebut.

Namun, dari enam kabupaten, tiga kabupaten masih berstatus calon daerah otonom baru (CDOB), perlu dimekarkan lagi untuk mewujudkan wacana Provinsi Kutai Raya. Berikut adalah enam kabupaten yang menyatakan dukungan dan akan menjadi bagian dari Kutai Raya:

1. Kabupaten Mahakam Ulu Kabupaten Mahakam Ulu menjadi salah satu wilayah utama yang akan bergabung dalam provinsi baru Kutai Raya. Daerah ini memiliki potensi alam yang besar dan diharapkan dapat berkembang lebih pesat dengan adanya pemekaran.

2. Kabupaten Kutai Barat Dukungan juga datang dari Kabupaten Kutai Barat. Dengan bergabungnya kabupaten ini, Kutai Raya akan memiliki tambahan kekuatan ekonomi dan sumber daya alam yang signifikan.

3. Kabupaten Kutai Kartanegara Kabupaten Kutai Kartanegara, yang dikenal sebagai salah satu daerah dengan potensi sumber daya alam yang melimpah, juga akan menjadi bagian dari provinsi baru Kutai Raya.

4.Kabupaten Kutai Benua Raya (CDOB) Meski baru berstatus CDOB, namun Kutai Benua Raya menyatakan dukungannya untuk bergabung dalam Kutai Raya. Dengan dukungan ini, diharapkan pembangunan di daerah ini dapat lebih merata dan terencana.

5. Kabupaten Kutai Tengah (CDOB) Meski belum menjadi kabupaten, namun Kutai Tengah saat ini masih menyatakan dukungannya. Daerah ini diharapkan dapat berkontribusi besar dalam pembangunan dan pengembangan provinsi baru.

6. Kabupaten Tenggarong (CDOB) Tenggarong saat masih masuk wilyah Kabupaten Kutai Kartanegara. Namun usulan pemekaran sebagai kabupaten baru sudah masuk. Jika disahkan menjadi kabupaten, maka Tenggarong diharapkan dapat memperkuat identitas budaya provinsi baru ini. Rencana pembentukan provinsi baru ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pemerintahan, mempercepat pembangunan infrastruktur, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah-wilayah tersebut. Dengan adanya dukungan dari sejumlah kabupaten ini, langkah menuju pemekaran Kutai Raya menjadi provinsi baru semakin nyata. Adapun informasi ini dikutip dari berbagai sumber resmi. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com