SMPN 1 Sampit Rayakan Hari Kebaya Nasional dengan Lomba Kebaya Untuk Siswa

KOTAWARINGIN TIMUR – Dalam rangka memperingati Hari Kebaya Nasional 2024, SMPN 1 Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar lomba kebaya untuk seluruh peserta didik di sekolah itu. Yang mana para peserta harus memperagakan atau melakukan parade menggunakan kebaya khas Indonesia.

“Hari ini bertepatan dengan Hari Kebaya Nasional tanggal 24 Juli, sehingga kami berinisiatif untuk menggelar acara ini, mudah-mudahan menjadi inspirasi buat kita semua untuk mencintai kebaya.
Apalagi pemerintah telah mencanangkan bahwa kebaya masuk ke dalam UNISCO,”kata Wakil Kepala Sekolah, Yuli Karyati, Rabu 24 Juli 2024.

Mudah-mudahan ujarnya, acara semacam ini bisa digelar oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya para perempuan agar mencintai dan bangga menggunakan kebaya sehingga menjadikan kebaya sebagai aset dunia. “Lomba kebaya ini pertama kali kita gelar, jadi untuk permulaan kita membuat kategori hanya tiga terinspiratif, mudah-mudahan tahun depan akan menjadi lebih banyak lagi,”ungkapnya.

Menurut Yuli, setiap kelas rata-rata ada 10 orang perwakilan yang mengikuti lomba kebaya, sehingga dari 27 kelas yang ada di SMPN 2 Sampit, total peserta lebih dari 200 orang. “Kami sangat tercengang juga melihat antusias anak-anak, mereka berusaha keras memberikan penampilan terbaik sehingga kamipun sebelumnya memperkirakan peserta tidak lebih dari 100, ternyata lebih dari 200, itu menadakan mereka mencintai kebaya,”tegasnya.

Sementara itu salah seorang siswi yang menjadi peserta dari lomba ini yaitu Mega Melati perwakilan kelas VIII ruang 2 menyampaikan, ia sangat menyukai ragam kebaya Indonesia, terutama sekarang sudah banyak dimodifikasi sehingga motif serta gayanya juga lebih menarik.

“Saya sangat senang sekali mengikui lomba kebaya, terutama karena diadakan di sekolah, saya berharap bisa menginpirasi semua teman-teman dan adek-adek kelas, agar semua lebih mengenal budaya Indonesia yakni dengan memakai kebaya adalah salah satu contohnya,”tutup Mega. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com