Keterbukaan Informasi Publik, Pilar Utama Pemerintahan yang Transparan dan Akuntabel

SAMARINDA – KEPALA Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Faisal mengatakan, keterbukaan informasi publik merupakan pilar utama dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, transparan dan akuntabel.

Hal disampaikan Faisal saat membacakan sambutan Gubernur Kaltim dalam Pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim Periode Kepengurusan 2024 – 2029 di Gedung Olah Bebaya, Lamin Etam, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Jum’at (26 Juli 2024).

Menurut dia, wartawan sebagai pilar demokrasi mempunyai peran penting dalam berkontribusi terhadap pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Wartawan adalah pilar demokrasi dan berperan besar dalam suksesnya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dia menegaskan. penyampaian informasi yang benar atas pelaksanaan kinerja pemerintahan dalam bidang pembangunan, sosial ekonomi dan kesejahtetaan masyarakat adalah amanah besar yang dipikul insan pers.

“Demikian juga sebaliknya, wartawan berkewajiban untuk menangkal berita yang tidak bemar atau hoaks,” tandas Faisal.

 

Kepada segenap jajaran pengurus PWI Kaltim yang baru dilantik, Faisal mengucapkan selamat. Dia juga meminta pengurus PWI untuk membina hubungan baik dengan pemerintah daerah serta komunikasi dua arah yang berimbang.

“Kepada pengurus yang baru dilantik saya ucapkan selamat dan selamat bekerja serta junjung tinggi Kode Etik Jurnalistik,” pungkasnya.

Pengurus PWI Kaltim Periode 2024 – 2029 diketuai Abdurahman Amin dengan komposisi pengurus organisasi sejumlah 60 orang. Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun berkesempatan langsung melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com