Tugu Selamat Datang Baru Akan Dibangun di Jalan Arif Rahman Hakim dan Urip Sumoharjo, Bontang

BONTANG – Pembangunan tugu selamat datang sekaligus batas wilayah Bontang dilakukan di dua tempat. Satu tugu akan dibangun di Jalan Arif Rahman Hakim dan satu lagi di Jalan Urip Sumoharjo. Kabid Tata Ruang dan Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK) Bontang Robysai Manassa Malisa mengatakan, pihaknya telah meninjau lokasi yang dimaksud. Salah satunya di area Bukit Kusnodo KM 3, Kelurahan Belimbing.

“Kami koordinasi dengan Pertagas terkait jaringan gas yang ada di sekitar lokasi pembangunan,” katanya. Apalagi, kondisi wilayah tersebut berdekatan dengan objek vital, sehingga perlu dilakukan koordinasi untuk meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama dari aspek keamanan.

Ia mengungkapkan, desain tugu tidak sama seperti tugu yang berada di Jalan S Parman, sebab tidak ada bagian yang menjuntai di sisi atas. Mengingat lokasi tersebut termasuk jalur utama truk-truk besar yang melintas ke pelabuhan. Jika demikian, tugu hanya berada di sisi kanan dan kiri jalan. Ketinggiannya sekitar sembilan meter. Pagu anggaran sekitar Rp865 juta, dengan nilai pengawasan teknisnya sebesar Rp69 juta.

“Ketinggian truk-truk biasanya bervariasi. Jadi tidak ditambahkan bagian atas, supaya tidak mengganggu akses kendaraan berat yang lewat,” pungkasnya. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com