Muara Kaman Bakal Jadi Tuan Rumah Jambore PAUD ke-5

MUARA KAMAN – TAHUN ini, Kecamatan Tenggarong Seberang bertindak sebagai tuan rumah Jambore ke-4 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Acara yang digelar selama tiga hari, mulai tanggal 21 hingga 23 Juni 2024 kemarin dilaksanakan di Gedung Beladiri, Komplek Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang. Bunda PAUD Kukar Maslianawati Edi Damansyah yang langsung membuka kegiatan tersebut.

Jambore PAUD tersebut merupakan wadah berkumpul, berdiskusi dan bertukar pengetahuan para Bunda PAUD dan tenaga pengajar terkait pembinaan PAUD. Selain itu, berbagai perlombaan juga digelar. Para Bunda PAUD dari seluruh kecamatan menunjukkan bakat serta keterampilan mereka.

Tak hanya musyawarah besar saja, namun pada penutupan acara tersebut juga dilakukan penentuan tuan rumah Jambore PAUD berikutnya, pada tahun 2025. Kecamatan Muara Kaman yang memperoleh Juara Umum dari berbagai cabang perlombaan pun terpilh menjadi tuan rumah Jambore PAUD ke-5 tahun depan.

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Muara Kaman Siti Sundari mengaku bangga dengan ditunjuknya Muara Kaman sebagai tuan rumah Jambore PAUD ke-5 Kabupaten Kukar.

“Untuk kegiatan Jambore PAUD tahun depan akan kami atur dengan baik dan mudah-mudahan pendanaan dari Kecamatan Muara Kaman membantu kami, serta dari desa-desa bisa gotong royong menyukseskan rencana tersebut,” katanya saat dihubungi beritaborneo.com, Minggu (28/07/2024).

Terkait hasil yang diraih Kecamatan Muara Kaman dalam berbagai lomba di ajang Jambore tersebut, dia menjelaskan Bunda PAUD Muara Kaman diperkuat 25 kontingen. Mereka telah mempersiapkan diri dengan baik, karenanya mampu tampil kompak dan suportif.

“Kami ke sini membawa 25 kontingen, dan seluruhnya sangat kompak, supportif dalam mengikuti kegiatan,” ujar Sundari/

Jenis perlombaan yang berhasil dimenangkan kontingan Bunda PAUD Kecamatan Muara Kaman diantaranya, Duet Bunda PAUD SD (Juara III), Duet Bunda PAUD Kecamatan dan Desa (Juara I), lomba bakiak (Juara I), dan lomba gasing (Juara II).

“Kami senang sekali bisa berkontribusi di sini, karena baru tahun ini banyak heboh-hebohnya. Tahun ini sudah baik dan meriah, tapi kami akan berusaha lebih baik lagi di tahun depan,” tutup Sundari. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com