Pengesahan 759 Warga Baru PSHT Kotim: Bupati Halikinnor Tekankan Pentingnya Pembinaan Masyarakat

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor berharap keberadaan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)  bisa berkomunikasi dalam pembangunan daerah bersama Pemerintah Kabupaten Kotim, khususnya dalam hal pembinaan masyarakat melalui pencak silat.

“Seperti filosofi ilmu padi yang diajarkan PSHT, yakni semakin berisi semakin merunduk. Dalam PSHT, anggota tidak hanya dilatih fisik, tetapi juga mental serta budi pekerti yang luhur,” katanya, Sabtu malam 27 Juli 2024. Hal itu ia sampaikan di depan ribuan warga PSHT dari 17 kecamatan yang ada di Kotim untuk mengikuti  kegiatan pengesahan warga baru tingkat 1 PSHT tahun 2024. Dalam kegiatan ini, ada 759 warga baru yang disahkan.

Di Kotim, organisasi pencak silat ini memiliki anggota yang sangat banyak mencapai 25 ribu orang serta tidak membeda-bedakan suku dan agama. Halikinnor mengungkapkan dengan jumlah anggota yang banyak itu, ia berharap PSHT terus berkontribusi membangun daerah bersama pemerintah daerah.

“Banyak hal yang bisa dilakukan warga PSHT untuk mendukung dan menyukseskan pembangunan yang dijalankan pemerintah. Apalagi setiap tahun jumlah PSHT di tempat kita terus bertambah,” ujarnya. Melihat itu, tidak menutup kemungkinan Pemkab Kotim ikut membantu PSHT dalam melengkapi fasilitas salah satunya tempat yang representatif untuk kegiatannya dengan menyumbang melalui dana hibah. Dia yakin dengan kebersamaan, pembangunan tempat representatif tersebut akan segera terwujud.

“Tadi saya katakan (membantu) Rp400 juta, tapi kebetulan tadi ada Wakil Ketua I DPRD Kotim (Rudianur) yang juga akan disahkan menjadi anggota baru dan beliau menyampaikan akan menambahkan Rp200 juta melalui DPRD sehingga total Rp600 juta hibah tahun ini di perubahan. Mudahan tahun depan secara bertahap bisa kita bergotong royong orang banyak sesuai motto kita Habaring Hurung. Makanya kalau hanya untuk membangun gedung itu insya Allah akan jadi. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing,” demikian Halikinnor. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com