DPUPR-Pera Kaltim Gelar Sosialisasi Pemenuhan SBU Jasa Konstruksi

SAMARINDA – DINAS Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR-Pera) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Sosialisasi Pemenuhan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi, di Hotel Puri Senyiur, Samarinda, Rabu (31/7/2024).

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan peran serta Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) yang berdaya saing dan berdaya guna dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Provinsi Kaltim.

Mengangkat tema “Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) Kalimantan Timur Berdaya Saing dan Berdaya Guna”, kegiatan sosialisasi dibuka Kepala Bidang Bina Konstruksi, Sri Rejeki, mewakili Kepala DPUPR-Pera Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda.

“Pak Kadis menitipkan pesan kepada saya agar kegiatan pada hari ini dapat berguna bagi masyarakat jasa konstruksi, khususnya BJUK yang ada di Kalimantan Timur,” kata Lili, biasa dia dipanggil.

Dia menambahkan, dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Menteri PUPR) RI Nomor 8 Tahun 2022 tentang Tatacara Pelaksanaan Pemenuhan Sertifikat Standar Jasa Konstruksi, yang mengamanatkan bahwa setiap pelaku usaha sub sektor jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat standar jasa konstruksi.

Pelaku usaha sub sektor jasa konstruksi meliputi di dalamnya yakni BJUK, Tenaga Kerja Konstruksi dan Lembaga Sertifikasi Jasa Konstruksi.

 

Dalam kesempatan itu, Kepala Seksi Pengaturan Usaha Jasa Konstruksi Alpian selaku koordinator panitia pelaksana mengatakan dalam laporannya, tujuan kegiatan ini untuk dapat meningkatkan peran serta BUJK menuju berdaya saing dan berdaya guna, sehingga dapat selaras dengan tuntutan perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi.

Nara sumber sosialisasi adalah Agus Gendroyono, yang juga Pengurus Lembaga Pembinaan Jasa Konstruksi (LPJK) Bidang II dan Rino Pradisa, Pembina Jasa Konstruksi Ahli Pertama pada Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Kementerian PUPR RI. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com