Lapuante Warnai Stand Kemenkumham di Kaltim Expo 2024

SAMARINDA –  LEMBAGA Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Tenggarong turut mewarnai stand Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Kaltim Expo 2024, yang berlangsung di Convention Hall Samarinda, 26 hingga 30 Juli 2024.

Partisipasi Lapas Perempuan Tenggarong (Lapuante) itu menambah warna serta daya tarik dalam pameran bergengsi yang diikuti berbagai instansi pemerintah dan pelaku industri.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Lapas Perempuan Tenggarong Endang Utmiati menuturkan, kehadiran Lapuante tersebut untuk memperkenalkan kerajinan tangan yang dihasilkan oleh warga binaan, serta memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Dalam acara itu pengunjung tidak hanya dapat melihat hasil karya yang dipamerkan, namun juga dapat berdialog dengan perwakilan dari Lapas Perempuan Tenggarong,” ujarnya.

Dialog yang dilakukan pun beragam, mulai dari pencapaian-pencapaian yang dihasilkan, hingga dengan tantangan-tantangan yang dihadapi dalam program pelatihan. Dialog tersebut kata Endang, mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat, serta dukungan positif terhadap upaya rehabilitasi yang dilakukan.

Endang mengungkapkan dialog itu digelar agar masyarakat mengetahui tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam program pelatihan. “Kami sangat terbuka dengan dialog-dialog tersebut,” ucapnya lagi.

Lebih jauh dia mengungkapkan, kehadiran Lapuante di Kaltim Expo 2024 juga menjadi salah satu contoh nyata dari upaya Kemenkumham untuk meningkatkan transparansi, memberikan edukasi kepada masyarakat, dan mempromosikan hasil positif dari program-program rehabilitasi yang dilaksanakan oleh lembaga pemasyarakatan, khususnya Lapas Perempuan Tenggarong ini. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com