Samarinda Raih Penghargaan Urban Resilience Champion

SAMARINDA – DINILAI sebagai kota yang paling berkomitmen dan berdedikasi dalam membangun masa depan perkotaan yang tangguh, Kota Samarinda dianugerahi penghargaan Urban Resilience Champion dalam acara Indonesia Urban Resilience Forum di Ballroom A, Hotel Sangri-La Jakarta, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Indonesian Urban Resilience adalah forum strategis yang melibatkan para pengambil keputusan dan pemangku kepentingan, pada tingkat regional, nasional dan daerah, yang meliputi pemerintah, mitra pembangunan, perwakilan diplomatik, lembaga pembiayaan internasional, organisasi lokal hingga akademisi, mengenai upaya peningkatan ketahanan perkotaan di Indonesia.

Forum tersebut digagas oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Asian Development Bank (ADB) melalui Urban Resilience Trust Fund (URTF) dan United Kingdom Foreign Commonwealth and Development Office (UK FCDO).

Indonesia Urban Resilience bertujuan untuk memahami konteks lanskap ketahanan perkotaan di Indonesia. Penghargaan Urban Resilience Champion yang diberikan kepada Kota Samarinda karena Samarinda dinilai berdedikasi membangun masa depan yang tangguh, baik terhadap perubahan iklim maupun kebencanaan, melalui mitigasi dan adaptasi.

Selain itu, Kota Samarinda juga dinilai berkomitmen terhadap pentingnya ketahanan perkotaan dalam menghadapi urbanisasi yang pesat, perubahan iklim dan bencana alam.

 

Kepala Bidang Perekonomian Sumber Daya Alam (SDA) Infrastruktur dan Kewilayahan, Badan Perencanaan Pembangunan dan Riset Daerah (Bapperida) Kota Samarinda Wahyuni Nadjar, hadir dalam Indonesia Urban Forum dan menerimakan penghargaan serta trophi, atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.

Yuni mengatakan, Pemkot Samarinda akan mengambil langkah-langkah ke depan dengan potensi kolaborasi dan sinergi semua pihak untuk meningkatkan dan mempersiapkan ketahanan perkotaan pada tantangan di masa depan.

“Semoga dengan adanya penghargaan ini, menjadi motivasi lebih tinggi bagi kami untuk terus meningkatkan ketahanan perkotaan, khususnya Kota Samarinda,” kata Kepala Bapperida Kota Samarinda Ananta Fathurozi kepada wartawan, saat dikonfirmasi perihal tersebut di Ruang Kerja Kantor Bapperida, Jalan Dahlia Samarinda, Rabu (31/7/2024).

Dia menegaskan komitmen pemerintah kota yang terus mendorong kolaborasi berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) terkait serta pemangku kepentingan, untuk difusi teknologi, berbagi pengetahuan, pelatihan dan pemberdayaan masyarakat. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com