Sumber foto antara

Pj Bupati Katingan Buka Diklat Paskibraka: Persiapan Pengibaran Bendera 17 Agustus Dimulai

KASONGAN – Setelah menjalani proses seleksi dari setiap perwakilan dari 13 Kecamatan di Kabupaten Katingan, sebanyak 56 orang siswa-siswi mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Kabupaten Katingan nantinya.

Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, melalui Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Katingan George Heplin Edwar Doddy membuka secara resmi Diklat Paskibraka, di Gedung Salawah Kasongan, Rabu 7 Agustus 2024 malam.

George Heplin Edwar Doddy mengatakan dilaksanakannya Diklat Paskibraka bertujuan untuk melatih kesigapan dan keterampilan calon peserta Paskibraka dalam hal formasi baris berbaris, melipat bendera dan membentang, serta mampu menaikkan dan menurunkan bendera secara rapi ritmis.

“Diklat Paskibraka juga bertujuan agar para peserta dapat bertambah pengetahuan dan memiliki wawasan kebangsaan yang komprehensif integral. Artinya setelah mengikuti Diklat Paskibraka para peserta diharapkan selalu mengutamakan berpikir rasional, konstruktif, dan berpandangan luas,”jelasnya.

Karena untuk menjadi calon peserta Paskibraka bukan hal yang mudah. Dimana peserta telah mengikuti berbagai persiapan mulai dari seleksi di tingkat kecamatan, penetapan peserta sampai dengan persiapan penyelenggaraan diklat. Sehingga prestasi inilah yang patut disyukuri mengingat banyak nilai-nilai positif yang bisa mereka peroleh melalui pelatihan.

“Sehingga hal ini merupakan tantangan bagi peserta agar fisik dan mental yang selama ini telah terbentuk, dan semakin dapat diaktualisasikan dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab sebagai pengibar bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-79 RI Tahun 2024 di Kabupaten Katingan,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Katingan Roby, melaporkan jumlah keseluruhan peserta adalah 56 orang yakni 32 orang putra dan 24 orang putri. Pelaksanaan diklat mulai tanggal 6 – 17 agustus 2024 atau selama 12 hari.

“Sebenarnya jumlah peserta ada 60 orang, namun ada 4 orang perwakilan Katingan mengikuti Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Provinsi Kalimantan Tengah,”jelasnya. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com