Kenakan Baju Adat Batak Mandailing, Bupati Kukar Pimpin Upacara Penurunan Bendera

TENGGARONG – BUPATI Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah kembali menjadi Inspektur Upacara dalam prosesi Penurunan Duplikat Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Sabtu (17/8/24) petang.

Pada upacara tersebut Edi Damansyah menggunakan pakaian adat Batak Mandailing, dan Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin beserta istri menggunakan baju adat Banjar. Sedangkan Sekda Kukar Sunggono dan Istri menggunakan baju adat Bali.

Dibuka dengan persembahan dari Kutai Kartanegara Drum Corps (KKDC), dilanjutkan dengan parade oleh paguyuban-paguyuban yang ada di Kukar, upacara diakhiri dengan persembahan lagu dari Gita Kumala Nusantara.

Dalam suasana yang penuh penghormatan, Bupati beserta jajaran pejabat daerah dan tamu undangan mengikuti prosesi penurunan bendera Merah Putih dengan penuh kekhusyukan.

“Upacara hari ini bukan hanya tentang menghormati bendera kita, tetapi juga merayakan keberagaman budaya yang ada di Kutai Kartanegara,” ujar Edi.

Setelah prosesi penurunan bendera selesai, acara dilanjutkan dengan doa bersama untuk kebaikan dan kemajuan daerah. Upacara ini mengingatkan kita akan pentingnya menjaga dan merayakan nilai-nilai kebangsaan serta kekayaan budaya. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com