25 Anggota DPRD PPU 2024-2029 Dilantik, Pj Bupati Minta Kepentingan Rakyat Didahulukan

PENAJAM – PENJABAT (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menghadiri pelantikan 25 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PPU periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung di Gedung Paripurna DPRD PPU, Senin (19/8/2024) siang.

Membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Pj Bupati PPU Makmur Marbun mengatakan, rapat paripura pelantikan anggota DPRD merupakan puncak dari seluruh rangkaian proses pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) anggota DPRD beberapa waktu lalu. Secara filosofis berkedudukan sebagai sarana demokrasi untuk melaksanakan kedaulatan rakyat dalam tatanan pemerintahan negara kesatuan republik Indonesia.

Pasal 18 ayat (3) UUD NKRI Tahun 1945 jelas Marbun, telah mengatur bahwa pemerintahan daerah provinsi, kabupaten dan kota memiliki DPRD yang anggota- anggotanya dipilih melalui pemilihan umum.

Kemudian, secara konseptual maupun legal-formal, kedudukan DPRD merupakan bagian integral dari pemerintahan daerah. Setiap anggota DPRD dipilih dalam pemilu yang pencalonannya melalui Partai Politik (Parpol). Hal ini tentu menciptakan kondisi, di mana anggota DPRD memiliki ikatan yang sangat kuat sebagai perpanjangan tangan dari partai politik.

“Namun demikian yang perlu digaris bawahi bahwa sebesar apapun kepentingan partai politik, hendaknya dahulukanlah kepentingan masyarakat diatas kepetingan pribadi maupun golongan,” pesannya.

Ditambahkan Makmur Marbun, dalam kedudukannya, DPRD adalah sebagai mitra kepala daerah dan di dalam undang-undang telah dipertegas tentang pola hubungan kemitraan antara DPRD dengan kepala daerah yang bersifat checks and balances.

Hal ini kata dia, dimaksudkan untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah pada setiap periode kepemimpinan kepala daerah sehingga terjamin kesinambungan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Oleh sebab itu sambung dia, sinergitas dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dan kepala daerah harus diarahkan secara positif untuk memberikan respon cepat dalam pemecahan persoalan-persoalan kerakyatan.

Lebih jauh kata Marbun, Pemilu 2024 telah menghadirkan wajah-wajah baru dengan beragam latar belakang profesi anggota DPRD terpilih yang tidak hanya berasal dari kalangan politisi semata.

Melihat begitu penting dan sentrainya peran dan fungsi DPRD, maka figur atau profil anggota dewan haruslah memiliki kompetensi yang prima, yaitu memiliki pengetahuan yang luas, kemampuan yang handal berkaitan dengan substansi bidang tugas DPRD yang menjadi tanggungjawabnya serta dibarengi dengan sikap perilaku yang baik.

“Melalui momentum yang berbahagia ini, perkenankan saya menyampaikan ucapan selamat kepada para anggota DPRD kabupaten PPU yang telah dilantik pada hari ini,” kata Makmur Marbun mengakhiri sambutannya.

Pelantikan 25 anggota dewan PPU ini ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji dewan yang dipimpin oleh Ketua Pengadinan Negeri (PN) Penajam Hartati Ari Suryawati yang diikuti oleh semua anggota DPRD PPU.

Tampak hadir dalam pelantikan ini jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU, Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Tohar, Ketua TP PKK Kabupaten PPU Linda Romauli Siregar, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten PPU dan ratusan undangan terkait lainnya. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com