Karnaval Semarak Budaya Nusantara di Kotabaru: Tampilkan Karya Seni dan Budaya Daerah

KOTA BARU – Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar karnaval dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru H Minggu Basuki yang melepas tanda dimulainya karnaval, mengatakan, kegiatan karnaval ini sudah menjadi agenda tahunan dalam memeriahkan kemerdekaan.

“Tujuan lainnya adalah menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan dan kecintaan terhadap Bangsa dan Negara, di samping itu juga sebagai momentum silaturahmi guna mewujudkan persatuan dan kesatuan,” katanya, Ahad (18/08/2024).

Karnaval ang diikuti oleh ratuan kelompok masyarakat dari berbagai elemen ini mengangkat tema ” Sewindu Pembangunan Kabupaten Kotabaru dengan Semarak Budaya Nusantara serta Semangat Memerdekaan dan Perjuanagan”.

Peserta yang banyak mendapatan perhatian masyarakat yan menyaksikan di antaranya, kelompok masyarakat yang menampilkan kendaraan roda dua, roda tiga dan roda empat yang dihias dengan beraneka bentuk, mulai dari gedung, kapal, dan yang lainnya.

Meski cuaca tengah terik dan panas yang menyengat, para peserta tetap bersemangat begitu juga masyarakat yang menyaksikan beraneka miniatur yang beriring-iringtan perlahan mengelilingi Kota Kotabaru itu.

Sejumlah pejabat, Aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai on ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru turut serta tampil dalam karbaval dengan mengenakan pakaian adat, pakaian pejuang dan yang lainnya.

Tidak ketinggalan, wajah-wajah lucu anak murid, TK, sekolah dasar, meniru gaya para orangtua dengan mengenakan seragam berbagai profesi, mulai dari petani, dokter, arsitektur, pejabat, bahkan anggota DPRD serta pakaian adat.

Di belakang kelompok pelajar yang masih belia itu juga berbaris kelompok mahasiswa, pelajar SLTA sederajat dan SLTP sederajat melakukan hal yang sama sperti adik-adik mereka.

Sementara itu, karnaval ini diikuti ribuan peserta yang terdiri dari kelompok pelajar dari tingkat, Sekolah Dasar sebanyak 29 peserta, SLTP 13 peserta, SLTA 5 peserta dan Mahasiswa serta barisan mobil hias dari 28 satuan erja erangkat aerah (SKPD) juga ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

Adapun rute karnaval start Siring Laut (Jalan Pangeran Indrakusuma Negara) – Jalan H. Agussalim- Jalan Sukmaraga- Jalan Patmaraga– Jalan Diponegoro – Jalan Pangeran Hidayat – Jalan Suryagandamana (Taman Kota) – Putri Ciptasari (Pasar limbur raya)– Finish Seewalk Siring Laut (Jalan Pangeran Indra Kusuma Jaya).

Kegiatan juga dihadiri Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif, unsur forum koordiasi impinan aerah (Forkopimda), Asisten dan Staf Ahli Bupati, Ketua TP PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana, Ketua DWP Kotabaru, Ketua GOW, SKPD, Camat Pulau Laut Utara dan Camat Pulau Laut Sigam.[]

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com