Pagar Kantor Lurah Kanaan Ambrol, Pemkot Bontang Segera Lakukan Perbaikan Struktural

BONTANG – Pagar di Kantor Lurah Kanaan yang ambruk beberapa waktu lalu akan diperbaiki. Kabid Tata Ruang dan Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK) Bontang Robysai Manassa Malisa menuturkan, perbaikan tersebut bakal dilakukan melalui APBD perubahan tahun ini.

“Nanti dilihat dulu, kami masih susun perencanaannya,” katanya. Ia mengungkapkan, perbaikan tersebut sifatnya berupa penanganan awal. Struktur bangunan pagar bakal diperbaiki dan konstruksinya diperkuat dari sebelumnya. Meski begitu, ia belum dapat menyebut secara rinci anggaran yang akan dialokasikan.

Lebih lanjut, pekerjaan tersebut nantinya turut menyasar pembuatan drainase di bagian bawah. Mengingat saat ini belum ada saluran tersebut. “Ini penanganan awal dulu. Kami upayakan dapat terbangun seperti semula,” ungkap dia.

Jika demikian, pihaknya akan berkoordinasi melalui bidang terkait. Terutama agar air dari drainase nantinya dapat langsung dialirkan ke sungai. “Jadi area tersebut tidak lagi tergenang,” sebutnya.

Diketahui sebelumnya, ambruknya pagar di Kantor Lurah Kanaan pada Beberapa waktu lalu (02/08/2024) siang, diduga karena bagian bawah pagar kerap digenangi air. Pagar yang ambrol panjangnya sekitar 40 meter.

Adapun konstruksinya diduga tidak kuat, sebab diperkirakan tidak dipancang dalam atau menggunakan cakar ayam. “Pondasi pagar ke bawah enggak terlalu dalam, jadi ambrol. Enggak kuat menahan beban,” tutur Lurah Kanaan Salmon Kanaan Payung Allo.

Kawasan permukiman di belakang kantor lurah pun sering digenangi air saat hujan tiba. Mengingat posisinya berada di sekitar badan jalan yang lebih tinggi. Sementara air tidak dapat mengalir secara maksimal melalui parit-parit yang ada. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com