Pergantian Pucuk Pimpinan, Menkumham Pimpin Upacara Terakhir

JAKARTA – MENTERI Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly beserta para jajaran Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memperingati Hari Pengayoman ke-79 di Lapangan Upacara Kantor Kemenkumham Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (19/08/2024).

Ini adalah upacara terakhir yang dipimpin langsung oleh Yasonna H Laoly sebagai Menkumham, sebelum digantikan oleh Supratman Andi Agtas, sebagai nahkoda yang baru di Kemenkumham.

Berdasarkan Rilis Humas Kemenkumham, melalui Humas Lapas Tenggarong, dalam kesempatan tersebut Menkumham Yasonna H Laoly menekankan tentang pentingnya kesadaran hukum bagi masyarakat.

“Dengan meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat, kita akan menciptakan masyarakat yang lebih berperan aktif dalam penegakan hukum dan perlindungan Hak Asasi Manusia,” ucap Yasonna.

Dia menyadari, tantangan yang akan dihadapi oleh Kemenkumham ke depannya sangatlah kompleks. Mulai dari isu terkait reformasi birokrasi, pelayanan publik, penegakan hukum, hingga penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM. Namun, ia meyakini bahwa Kemenkumham dapat mengatasi segala tantangan tersebut.

“Kita harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, termasuk memanfaatkan teknologi untuk mendukung upaya penegakan hukum dan pelayanan publik yang lebih baik,” ucapnya.

Yasonna H Laoly menegaskan, jajaran Kemenkumham memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar. Tugas itu bukan hanya sekedar menjalankan peraturan, tetapi juga memberikan rasa aman dan keadilan bagi masyarakat.

“Sebagai insan pengayoman, kita harus mampu menjadi teladan dalam menjalankan amanah ini. Mengedepankan kepentingan publik diatas kepentingan pribadi atau golongan,” jelasnya lagi.

Menkumham kemudian mengajak seluruh jajarannya bersama masyarakat untuk menggelorakan semangat pengabdian. “Kita harus memiliki tekad yang kuat, untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045. Mari kita saling bahu-membahu, bersinergi dalam kerja yang nyata demi terciptanya sistem Hukum yang Berkeadilan, serta Perlindungan HAM yang optimal,” pungkasnya.

Menkumham diakhir sambutannya menyampaikan, rasa terimakasih kepada seluruh keluarga besar Kemenkumham, atas kerja keras serta dedikasi yang luar biasa selama dirinya melaksanakan tugas sebagai Menkumham. Dukungan dan komitmen seluruh insan pengayoman, telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan dirinya sebagai Menkumham. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com