Sinergitas TNI/Polri, Lakukan Pengamanan Pawai dan Karnaval di Kota Bangun

KOTA BANGUN – BHAYANGKARA Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) ikut melakukan pengamanan pada pawai pembangunan dan karnaval budaya di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Pawai pembangunan itu sendiri digelar Pemerintah Kecamatan Kota Bangun dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun 2024, pada Senin (19/08/2024).

Kegiatan yang dimulakan dari Lapangan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Bangun itu dilepas langsung Camat Kota Bangun Mawardi, didamping Sekretaris Camat (Sekcam) Abdul Karim, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kota Bangun AKP Suyoko dan Serka Yuwono yang mewakili Komandan Rayon Militer (Danramil) Kota Bangun.

Kemeriahan pawai pembangunan itu disambut antusias masyarakat Kota Bangun. Tidak saja dari para peserta pawai yang berusaha tampil aktraktif dengan balutan kostum yang unik dan menarik. Namun warga juga berduyun-duyun memadati setiap ruas jalan yang menjadi lintasan peserta pawai.

Tentu saja kondisi tersebut membuat Bhabinkamtibmas bersama Babinsa Kota Bangun bekerja keras membantu pengamanan agar pelaksanaan pawai dapat berjalan dengan tertib dan aman.

Berdasarkan Rilis Humas Kodim 0906/Kkr, Babinsa Kota Bangun Kopda Eko menjelaskan, tugas Babinsa tidak hanya sebatas menjaga keamanan semata. Namun juga mengamankan dan membantu mengatur arus lalu lintas agar acara berlangsung dengan baik, aman dan kondusif.

“Kami juga melakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas, Dinas Perhubungan Kota Bangun dan Linmas Kecamatan guna keamanan dan kenyamanan kegiatan ini,” ujarnya.

Menurut Kopda Eko, Pawai Pembangunan dan Karnaval ini adalah salah satu bentuk dari rasa syukur warga masyakarat dalam memperingati HUT RI ke-79. Serta sebagai langkah untuk melestarikan tradisi serta kebudayaan lokal.

“Kegiatan ini juga, dapat mempererat tali silaturahmi dan kekompakan antar masyarakat yang ada disini,” jelasnya lagi.

“Kami dari TNI/Polri, Dishub Kota Bangun, dan juga Linmas Kecamatan Kota Bangun, melakukan pengamanan terhadap kegiatan Pawai dan Karnaval, guna memastikan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan kondusif. Agar para peserta Pawai Pembangunan dan Karnaval, serta masyarakat yang menyaksikan kegiatan ini, dapat menikmati acara ini dengan gembira, lancar, dan kondusif,” tutupnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com