Kompetensi SDM Kunci Peningkatan Kinerja OPD

SAMARINDA – KOMPETENSI sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor kunci dalam peningkatan kinerja organisasi perangkat daerah (OPD). Demikian diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Deni Sutrisno.

“Kegiatan evaluasi penyelenggaraan penilaian kompetensi semester I ini memiliki peran yang sangat penting,” kata Deni dalam arahannya pada kegiatan Evaluasi Tengah Tahun Penyelenggaraan Penilaian Potensi dan Kompetensi di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim tahun 2024, yang dilaksanakan di Hotel Fugo, Samarinda, Selasa (20/8/2024).

Dia menjelaskan, BKD Kaltim melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Penilaian Kompetensi Pegawai, dapat dipastikan akan terus berkembang dan siap menghadapi tantangan ke depan yang semakin komplek di era digital ini.

Deni juga mengingatkan, kompetensi SDM sangat menentukan bagi kinerja organisasi agar lebih efektif dan dinamis serta semakin terbuka ruang bagi sinergitas dengan segenap elemen terkait dalam mencapai tujuan.

 

Diketahui, dengan penilaian potensi dan kompetensi SDM diharapkan akan dapat dipetakan profil potensi dan kompetensi pegawai sesuai standar kompetensi, sehingga dapat digunakan secara maksimal dalam pemenuhan kebutuhan jabatan.

Selanjutnya, tujuan lainnya adalah untuk mengukur kemampuan SDM bagi pengisian jabatan sesuai dengan potensi dan kompetensinya.

Turut hadir, Kepala UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai Siti Mahmudah dan Assesor SDM Aparatur serta Tim Psikolog. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com