Bentuk Identitas Bangsa, Slamet Hadiraharjo Ingatkan Pentingnya Unsur Budaya

TENGGARONG – KETUA Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ika Pakarti) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Slamet Hadiraharjo, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui Dinas Pariwisata yang telah menfasilitasi kegiatan Ika Pakarti.

Hal tersebut disampaikan saat sambutannya di pembukaan Gebyar Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia dan HUT Ika Pakarti ke-21 di lapangan parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong, Rabu (21/8/2024).

Slamet Hadiraharjo yang dikenal luas sebagai pelestari dan pengembang seni budaya Jawa ini mengungkapkan pentingnya keberagaman budaya dalam konteks kebangsaan.

“Budaya Tanah Jawi adalah bagian integral dari kekayaan seni budaya Indonesia. Melalui acara ini, kami ingin menunjukkan betapa pentingnya setiap unsur budaya dalam membentuk identitas bangsa yang majemuk,” katanya.

Kegiatan tersebut lanjut dia, merupakan bagian dari program promosi budaya yang digagas oleh Pemkab Kukar melalui Dispar untuk mempererat hubungan antar daerah dan memperkenalkan budaya yang ada di berbagai pelosok tanah air.

Diharapkan, inisiatif ini akan semakin memperkuat rasa kebangsaan dan saling menghargai di antara seluruh elemen masyarakat Indonesia. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com