Camat Tenggarong Apresiasi Gebyar Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit Ika Pakarti

TENGGARONG – BUPATI Kutai Kartanegara (Kukar) yang diwakili Camat Tenggarong, Sukono, secara resmi membuka kegiatan Gebyar Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 dan HUT Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (IKA PAKARTI) ke-21. Acara tersebut digelar di lapangan parkir Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Rabu (21/8/2024).

Sebelum dibuka, terlebih dahulu diawali dengan Tari Keraton Kukar Ing Martadipura, disusul Tari Jepen, Tari Dayak, Tari Gambyong dan terakhir Campur Sari Paguyuban warga Sragen Kukar.

Dalam sambutannya, Sukono mengungkapkan apresiasi dan dukungannya terhadap pelestarian budaya lokal melalui kegiatan ini.

“Gebyar Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit ini merupakan wujud nyata dari komitmen kita untuk melestarikan warisan budaya yang telah menjadi identitas kita. Semoga acara ini tidak hanya merayakan ulang tahun daerah kita tetapi juga mempererat kebersamaan dan memperkenalkan budaya kita kepada generasi muda,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Sabar Handoyo mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui Dinas Pariwisata yang telah memprogramkan kegiatan tersebut.

 

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini membuat semakin hidup rukun Ika Pakarti dan paguyuban yang ada di Kukar, rukun bergotong royong, akan membantu pembangunan di Kukar,” ucapnya.

Gebyar Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan rasa kebanggaan terhadap budaya lokal serta memperkuat hubungan antara masyarakat dan pemerintah daerah. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com